SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 23 Feb 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
10 June 2020

“BELAJAR DARI RUMAH” YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Wed, 10 June 2020 Dibaca 1675x

Sejak dinyatakannya kasus positif pertama Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu, Kemendikbud mengambil kebijakan “Belajar dari Rumah” sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Menghadapi ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi dan dimulainya kembali pembelajaran di sekolah, para pendidik atau pengajar perlu mempersiapkan dan merancang kegiatan pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan.  “Belajar dari Rumah” melalui media pembelajaran daring tentu saja terasa menyenangkan mengingat siswa dapat belajar sambil melakukan aktivitas apapun secara fleksibel. Namun, memasuki bulan keempat sejak diberlakukannya pembelajaran jarak jauh ini siswa mulai merasa jenuh. Oleh karena itu, perlu pembelajaran yang menyenangkan sekaligus bermakna.

Kunci efektivitas “Belajar dari Rumah” adalah bagaimana guru tetap kreatif menyajikan pembelajaran daring yang mudah dimengerti dan siswa tetap produktif di rumah. Setidaknya ada 4 hal penting yang perlu diupayakan dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, antara lain sebagai berikut.

  1. Pembelajaran yang terstruktur

Guru perlu menyusun rencana pembelajaran secara terstruktur serta mengatur langkah-langkah pembelajaran secara tepat dan akurat. Guru juga harus menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas dan mengatur waktu dengan baik. Guru dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus yang menguraikan kegiatan pembelajaran secara detail, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

  1. Penguasaan teknologi oleh guru

Guru perlu menunjukkan kemampuan mengelola dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran daring. Banyak aplikasi dan media yang dapat digunakan oleh guru sesuai keperluannya masing-masing, seperti presentasi via Zoom atau Google Meet, penugasan dan mengunggah materi melalui Google Classroom, Prates (pretest) atau pascates (posttest) dengan Quizizz, Pemberian tugas proyek dengan media sosial Instagram, YouTube, dan sebagainya. Hal ini jika diterapkan oleh guru secara bervariasi dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa karena tidak monoton hanya menggunakan satu metode. Misalnya, pada mata pelajaran bahasa atau seni, media dapat dimanfaatkan untuk publikasi hasil karya.

  1. Persamaan persepsi guru dan siswa

Setiap guru memiliki cara pandangnya masing-masing dalam mengelola pembelajaran. Guru perlu menyamakan dan menyatukan persepsi dengan siswa. Guru yang telah menyusun RPP akan memiliki visi yang jelas dalam pembelajaran sehingga mampu mengarahkan siswa untuk fokus dan berkonsentrasi secara penuh. Meskipun dalam jarak yang berjauhan, guru dapat menjalin ikatan batin dengan siswa. Guru juga dapat melaksanakan perannya sebagai komunikator, fasilitator, dan motivator.

  1. Penguatan pendidikan karakter

Kondisi masyarakat saat ini sedang berada pada keterbatasan komunikasi dan interaksi. Penguatan pendidikan karakter sangat diperlukan agar siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara umum tetapi juga memperoleh pembelajaran yang bermakna. Guru dapat memberikan tugas yang menstimulasi penguatan karakter siswa seperti disiplin, mandiri, semangat belajar, dan aktif berkarya dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar. Guru perlu bekerja sama dengan orang tua dalam membantu kebutuhan belajar siswa di rumah, penguatan pendidikan karakter, dan penilaian aspek afeksi siswa.

“Belajar dari Rumah” melalui media daring dapat menjadi efektif dan menyenangkan jika terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Guru harus terus melakukan pemantauan dan pemberian umpan balik untuk memastikan siswa dapat menerima pembelajaran dan menyelesaikan tugas dengan baik.

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

15 Komentar

Beri waktu untuk para siswa dan siswi lebih renggang karna soal yang di berikan guru lebih banyak dari batas jam pelajaran

“Belajar dari Rumah” melalui media daring dapat menjadi efektif, dan menyenangkan jika terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Guru harus melakukan pemantauan untuk memastikan siswa dapat menerima pembelajaran yang baik dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Belajar dari rumah enak, tapi kita tidak leluasa untuk menanyakan tentang pelajaran tersebut dengan leluasa, dan lama kelamaan januh karna di rumah terus.

Menurut saya belajar dirumah itu juga menyenangkan tapi dalam kegiatan belajar mengajar jadi kurang karena terhambat

Saya akan mencoba Cara belajar Nya supaya belajar yang saya lakukan lebih Efektif dan menyenangkan

Belajar daring memang menyenangkan,efekyif dan seru tetapi kadang ada mapel yang bikin pusing seperti b.inggris

Menurut saya belajar efektif seperti berkomunikasi dua arah antara guru dan siswa dan juga memastikan siswa menerima pembelajaran dan menyelesaikan tugas dengan baik

“Belajar Dari Rumah Yang Efektif Dan Menyenangkan” sejak adanya covid 19 di indonesia, pembelajaran di lakukan secara daring atau online agar memutus tali rantai penyebaran covid 19.Ada 4 Hal penting yang perlu di upayakan dalam rangka menciptakan pembelajaran yg menyenangkan, antara lain:1)pembelajaran yang teratur 2)penguasaan teknologi oleh guru 3)persamaan persepsi guru dan siswa 4)penguatan pendidikan karakter

Dengan ada nya cara belajar yang efektif ini, kita dapat mengetahui cara belajar yang menyenangkan agar tidak cepat jenuh atau bosan. Dan juga dapat diterapkan langsung dirumah

saya akan mempelajari yang ada diatas, dengan adanya pandemi ini kita harus belajar di rumah dahulu.

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?