Info SMA N 3 Yogyakarta
Senin, 25 Okt 2021
  • Selamat datang di website resmi SMA N 3 "Padmanaba" Yogyakarta School of Leadership

Kegiatan Kemitraan SMA Negeri 3 Yogyakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita

SMA Negeri 3 Yogyakarta memiliki kegiatan kemitraan dan school sister dengan program-program untuk siswa dan guru. Kegiatan kemitraan bertujuan untuk meluaskan wawasan dan hubungan kerjasama sekolah dengan lembaga pendidikan lainnya, baik nasional maupun internasional. SMA Negeri 3 Yogyakarta telah menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah dan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri, antara lain sebagai berikut:

  1. PASCH Schule atau Sekolah Mitra Pemerintah Jerman yaitu kegiatan kerjasama berupa pertukaran pelajar ke Jerman, International Student Camp dan beasiswa pendidikan di Jerman, ujian internasional bahasa Jerman level atau sprachniveau A1, A2, B1, B2, dan C1, serta beasiswa melanjutkan pendidikan di Studenkoleg.
  2. WWU Muenster University Jerman, berupa pembelajaran bahasa Jerman langsung dengan native speaker dari Jerman dan pengenalan budaya Jerman.
  3. Warnamboll College Victoria Australia, berupa kegiatan pertukaran pelajar dan pada tahun 2019 sudah berlangsung selama 25 tahun.
  4. Stedelijk College of Eindhoven Belanda, berupa kegiatan pertukaran pelajar dan pada tahun 2019 sudah berlangsung lima tahun. Kunjungan Stedelijk College di SMA Negeri 3 Yogyakarta dilangsungkan pada bulan Oktober dan kunjungan balasan ke Belanda dilangsungkan pada bulan April setiap tahun.
  5. Kegiatan kemitraan yang lainnya, antara lain dengan AMINEF, Japan Foundation, ACICIS (MoU Pemerintah Victoria dengan Pemerintah DIY), dan SEAMEO, serta beberapa kegiatan yang sifatnya insidental.
  6. Kemitraan dalam negeri SMA Negeri 3 Yogyakarta terbuka untuk dikunjungi oleh sekolah lain dalam bentuk tukar informasi ataupun studi banding. Pada tahun 2019  berlangsung pertukaran pelajar kerjasama antara Dinas Pendidikan Bangka Belitung dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY di SMA Negeri 3 Yogyakarta.
  7. Terjalin juga kerjasama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri berupa layanan penelitian, praktik mengajar, praktik pengalaman lapangan, atau penggunaan ruang multimedia dan laboratorium, baik dengan atau tanpa MoU.
  8. Pertukaran Pelajar Internasional (AFS/YES/ROTARY) dalam lima tahun terakhir:
    • Tahun Pelajaran 2013/2014 Mesabia berangkat ke Amerika Serikat dan menerima 1 siswa dari Amerika Serikat.
    • Tahun Pelajaran 2013-2014 Nadya Avirianta Simanjuntak, Safira Vania Hardhani, Anindita Paramastri, dan Andeta Karamina.
    • Tahun Pelajaran 2015-2016 Danesti Aulia Hastin dan Athfal Farrakhan Al Rasyid Akbar mengikuti AFS di Amerika Serikat.
    • Tahun Pelajaran 2016-2017 Archandra Viryasatya Sugama berangkat ke Rusia dan Taufan Rosyadi Yusuf berangkat ke Italia, serta menerima 1 siswa bernama Astrid dari Perancis.
    • Tahun Pelajaran 2017-2018 Raihan Ahmad Ahimsa mengikuti pertukaran pelajar internasional melalui AFS di Italia.
    • Tahun Pelajaran 2018-2019 Rafif Faza Pradana (AFS) di Amerika Serikat dan Arroza Tabina Sahlan (Rotary) di Spanyol, keduanya mengikuti pertukaran pelajar internasional.
    • Tahun Pelajaran 2019-2020, dua siswa masih mengikuti pertukaran pelajar internasional, yaitu Syakira Divany Wijaya dan Syafira Fitri Annisa (YEP) di Amerika Serikat.

      

 

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

1 Komentar

Senin, 22 Jun 2020

[…] Kegiatan Kemitraan […]

Balas

Beri Komentar

Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?