SEKILAS INFO
: - Selasa, 11-08-2020
  • 1 bulan yang lalu / Pemilihan mata pelajaran lintas minat dan pilihan mata pelajaran seni budaya dilakukan dengan mendaftar secara online pada hari Selasa, 07 Juli 2020 mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Rabu, 08 Juli 2020 pukul 08.30 WIB dengan mengakses laman  https://lintasminat.sma3jogja.sch.id
  • 1 bulan yang lalu / Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Dilaksanakan hari Jumat, 10 Juli 2020; Senin, 13 Juli 2020 s.d. Rabu 15 Juli 2020. Informasi lebih lanjut kunjungi laman https://sma3jogja.sch.id/siswabaru/
Visi-Misi
Share artikel ini di media sosial kamu

A. Visi:

Merujuk pada Visi Pemerintah Daerah DIY di bidang pendidikan, yaitu menjadikan DIY sebagai pusat pendidikan berbasis budaya terkemuka di Asia Tenggara 2025, pada rapat pleno yang dihadiri oleh guru dan tenaga kependidikan di Kaliurang Yogyakarta pada Bulan Mei 2019, telah dilakukan peninjauan  visi dan misi sekolah serta dihasilkan rumusan baru, yaitu:

“Terwujudnya sekolah yang mampu menyiapkan generasi yang beriman, kreatif, berbudaya, peduli lingkungan, dan berkemampuan sebagai garda terdepan penggerak pembangunan bangsa.
” 

Visi ini telah ditetapkan dengan SK Kepala SMAN 3 Yogyakarta Nomor 188/631 Tanggal 14 Juni 2019.


B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran  yang terbaik  bagi para peserta  didik sesuai dengan tujuan pendidikan  SMA dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi para peserta didik agar memiliki kompetensi  sikap dan pengetahuan, serta keterampilan sebagai dasar untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi ternama, baik nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan dan membangun iklim pembelajaran yang mengimplementasikan pendidikan berbasis budaya dan menerapkan pendekatan saintifik sehingga mampu menguatkan karakter dan menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
  4. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler dan non-kurikuler yang mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan sehingga peserta didik tumbuh sebagai generasi yang mampu memimpin dan menjadi rujukan di bidang yang ditekuninya, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  5. Melengkapi sarana-prasarana sekolah dan menata lingkungan yang menginspirasi dan menumbuhkan kearifan dalam pemanfaatan lingkungan.

Visi dan misi tersebut selalu direview setiap tahun, dan sangat dimungkinkan terjadinya perubahan. Namun, visi dan misi tersebut sampai sekarang masih dianggap relevan dan telah ditetapkan penggunaannya dengan SK Kepala Sekolah Nomor 188/631 Tahun 2019.


C. Tujuan

  1. Tujuan Umum
    Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, iman dan taqwa, akhlak mulia serta keterampilan berbasis teknologi informasi  dan komunikasi peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti  pendidikan lebih lanjut baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Tujuan Khusus
    • Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki  iman dan taqwa, berakhlak mulia dan budi pekerti luhur, jiwa kepemimpinan, mandiri, berwawasan kebangsaan, saling menghargai dan menghormati serta hidup berkerukunan dalam kebhinekaan, baik dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
    • Membekali peserta didik agar memiliki keterarnpilan berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan  diri secara mandiri.
    • Menanarnkan sikap ulet, gigih dan sportif yang tinggi kepada peserta didik dalam berkompetisi dan beradaptasi dengan lingkungan global.
    • Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas,  berkualitas dan berprestasi dalam bidang akademik, olahraga, dan  seni, dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
    • Memiliki standar minimal pelayanan pendidikan yang dilengkapi dengan jaringan teknologi informasi  dan komunikasi secara internal,  lokal, nasional, dan internasional.

D. Tema Pengembangan Sekolah

Berdasarkan kebijakan pengembangan pendidikan di Kota Yogyakarta pada tahun 2014, bahwa setiap sekolah diharapkan memiliki keunggulan tertentu, maka berlandaskan sejarah sekolah, peran alumni dalam masyarakat, aktivitas peserta didik yang masih aktif, SMAN 3 Yogyakarta mengembangkan tema keunggulan sekolah, yaitu ‘leadership’.

Hal ini mengacu pada visi sekolah, khususnya penggalan kalimat “menjadi garda terdepan penggerak pembangunan bangsa”. Tentu saja istilah pemimpin atau garda terdepan penggerak pembangunan bangsa dalam konteks ini tidak dalam artian sempit seperti menjadi bupati, walikota, gubernur, direktur jenderal kementerian, menteri, atau presiden. Maksud dari kalimat tersebut yaitu sekolah membekali dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensi kepemimpinan melalui berbagai kegiatan di sekolah, baik kurikuler, ekstrakurikuler, maupun nonkurikuler, sehingga setelah peserta didik menyelesaikan pendidikan di SMAN 3 Yogyakarta dapat memiliki kompetensi kepemimpinan atau menjadi leader pada setiap bidang kehidupan yang ditekuninya.

Tema keunggulan SMAN 3 Yogyakarta kemudian diwujudkan menjadi tema pengembangan keunggulan sekolah, School of Leadership. Tema ini akan menjadi rujukan setiap program dan kegiatan yang diselenggarakan, khususnya di bidang kesiswaan dan pembelajaran.

 

 

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?