SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 20 May 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
7 May 2020

Visi-Misi

Thu, 7 May 2020 Dibaca 2701x Berita

A. Visi:

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta nomor 801/518 tentang Perubahan Visi dan Misi SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023-2024 yang ditetapkan pada tanggal 30 Juni 2023, rumusan visi SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah sebagai berikut:

“Menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan ramah untuk berkembangnya potensi keunggulan akademik, bakat, integritas, dan jiwa kepemimpinan siswa sebagai garda terdepan pembangunan bangsa”


B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang efektif untuk peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan SMA dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi para peserta didik agar memiliki kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melanjutkan belajar ke perguruan tinggi baik nasional maupun internasional.
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 (keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, berpikir kreatif, berkomunikasi, berkolaborasi, literasi informasi dan media, serta literasi teknologi informasi dan komunikasi) ke dalam mata pelajaran.
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai budaya positif kedalam beberapa mata pelajaran yang sesuai.
  5. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler dan nonkurikuler untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepedulian kepada sesama dan lingkungan sosial maupun alam, dan budaya luhur bangsa dan untuk berkembangnya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi, serta meningkatnya nilai-nilai keberagamaan/religiusitas peserta didik.
  6. Menyediakan fasilitas untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan lingkungan yang kondusif untuk terwujudnya sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan serta ramah anak.

Visi dan misi tersebut direview setiap tahun serta sangat mungkin dilakukan perbaikan atau perubahan. Visi dan misi tersebut sampai sekarang masih dianggap relevan dan telah ditetapkan penggunaannya dengan SK Kepala Sekolah Nomor 801/518 Tahun 2023.


C. Tujuan

  1. Tujuan Umum
    Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, iman dan taqwa, akhlak mulia serta keterampilan berbasis teknologi informasi  dan komunikasi peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti  pendidikan lebih lanjut baik di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Tujuan Khusus
    • Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki  iman dan taqwa, berakhlak mulia dan budi pekerti luhur, jiwa kepemimpinan, mandiri, berwawasan kebangsaan, saling menghargai dan menghormati serta hidup berkerukunan dalam kebhinekaan, baik dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.
    • Membekali peserta didik agar memiliki keterarnpilan berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan  diri secara mandiri.
    • Menanarnkan sikap ulet, gigih dan sportif yang tinggi kepada peserta didik dalam berkompetisi dan beradaptasi dengan lingkungan global.
    • Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas,  berkualitas dan berprestasi dalam bidang akademik, olahraga, dan  seni, dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
    • Memiliki standar minimal pelayanan pendidikan yang dilengkapi dengan jaringan teknologi informasi  dan komunikasi secara internal,  lokal, nasional, dan internasional.

D. Tema Pengembangan Sekolah

Berdasarkan kebijakan pengembangan pendidikan di Kota Yogyakarta pada tahun 2014, bahwa setiap sekolah diharapkan memiliki keunggulan tertentu, maka berlandaskan sejarah sekolah, peran alumni dalam masyarakat, aktivitas peserta didik yang masih aktif, SMAN 3 Yogyakarta mengembangkan tema keunggulan sekolah, yaitu ‘leadership’.

Hal ini mengacu pada visi sekolah, khususnya penggalan kalimat “menjadi garda terdepan penggerak pembangunan bangsa”. Tentu saja istilah pemimpin atau garda terdepan penggerak pembangunan bangsa dalam konteks ini tidak dalam artian sempit seperti menjadi bupati, walikota, gubernur, direktur jenderal kementerian, menteri, atau presiden. Maksud dari kalimat tersebut yaitu sekolah membekali dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensi kepemimpinan melalui berbagai kegiatan di sekolah, baik kurikuler, ekstrakurikuler, maupun nonkurikuler, sehingga setelah peserta didik menyelesaikan pendidikan di SMAN 3 Yogyakarta dapat memiliki kompetensi kepemimpinan atau menjadi leader pada setiap bidang kehidupan yang ditekuninya.

Tema keunggulan SMAN 3 Yogyakarta kemudian diwujudkan menjadi tema pengembangan keunggulan sekolah, School of Leadership. Tema ini akan menjadi rujukan setiap program dan kegiatan yang diselenggarakan, khususnya di bidang kesiswaan dan pembelajaran.

 

 

Tulisan Lainnya

Oleh : rudytik

Check And Recheck

Oleh : annisamaya

PADMANABA’S CULF3STCO 2021

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
May 2024
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?