SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 30 Jan 2023
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
7 October 2022

Kegiatan Edukasi Peserta Didik setelah Penilaian Tengah Semester

Friday, 7 October 2022 Kategori : Berita

Setelah sepekan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023, pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 diadakan kegiatan edukasi untuk peserta didik kelas XI dan kelas XII. Namun, siswa kelas X masih melaksanakan Penilaian Tengah Semester tersebut. Sekolah memfasilitasi siswa untuk susulan Penilaian Tengah Semester sesuai jadwal dan bertempat di Laboratorium Komputer 1. Beberapa kegiatan ini diefektifkan agar peserta didik tetap optimal dalam kegiatan belajar mengajar setelah Penilaian Tengah Semester.

Peserta didik kelas XII sesuai dengan agenda sekolah melaksanakan Outdoor Study kolaborasi mata pelajaran Bahasa Jawa dan Sejarah dengan mengunjungi Museum Sonobudoyo Kraton Yogyakarta dan dilanjutkan dengan mengunjungi Gamelan Sekaten di halaman Masjid Gede Kauman. Dalam kegiatan ini, peserta didik kelas XII didampingi oleh guru pengampu mata pelajaran Sejarah Bapak Drs. Isdiyono dan Bapak Drs. Padmana, sedangkan dari guru mata pelajaran Bahasa Jawa didampingi oleh Ibu Kinanti Kusumaningrum S.Pd.

Di setiap kegiatan Outdoor Study ini, siswa tidak lepas dari dokumentasi foto dan mengabadikan momen di kegiatan kunjungan tersebut. Di museum siswa diperkenalkan dengan sejarah berdirinya museum, selanjutnya berkeliling mengenal budaya Jawa kuno serta peninggalan barang-barang kuno yang dikoleksi museum Sonobudoyo. Siswa sangat antusias dalam kegiatan ini, terlihat ketika siswa begitu mendengarkan penjelasan dari pemandu museum dan mengamati benda koleksi museum. Selain itu, tidak lupa siswa juga mengunjungi  pameran museum Sonobudoyo.

Setelah mengikuti kegiatan di museum Sonobudoyo, siswa mengunjungi Gamelan Sekaten di halaman Masjid Gede Kauman. Di sini siswa diberikan project untuk membuat dokumentasi mengenai Sekaten dan hal yang menarik  yang ada di Sekaten seperti ndog abang, kapal otok-otok, Gamelan Kyai Guntur Madu dan Gamelan Kyai Nagawilaga, sego gurih dan berbagai macam sajian kebudayaan yang ada di Sekaten. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa mengenai budaya Sekaten dan kilas balik sejarah.

Dalam kunjungan Outdoor Study di museum Sonobudoyo dan Gamelan Sekaten ini diharapkan peserta didik mampu untuk mengenali dan menggali informasi tentang kebudayaan dan warisan budaya yang ada, sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap warisan budaya yang perlu dilestarikan.

Dihari yang sama, Kelas XI mengikuti Stadium General yang bertempat di Bangsal Senam. Kegiatan ini bertema “Sosialisasi Transformasi Kebijakan Baru Kemendikbudristek Berkaitan dengan Studi Lanjut”. Dalam kegiatan ini sekolah mendatangkan Ruang Guru untuk kegiatan sosialisasi. Kegiatan diawali dengan pengarahan dari Bapak Drs. Supriyana, M.M., M.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum. Selanjutnya sesi dari Ruang Guru, dengan mengajak siswa untuk mengikuti ice breaking agar siswa bersemangat dan siap mendengarkan informasi dari Ruang Guru, serta dilanjut penjelasan mengenai perubahan sistem seleksi di SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 terdapat 3 Jalur yakni, melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan seleksi secara mandiri oleh PTN. Ada beberapa prinsip dasar perubahan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yaitu mendorong pembelajaran di sekolah yang menyeluruh dan mendalam; lebih berfokus pada kemampuan penalaran bukan pada pemadatan materi; lebih inklusif sehingga proses seleksi lebih transparan dan terintegrasi. Imbauan dari Ruang Guru agar siswa mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk dapat masuk ke program Study dan Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan.

 

Kontributor : Septi Wulandari, M.Pd.

Editor : Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Facebook Comments Box

1 Comment

meta alpian , Friday 7 Oct 2022

wah dg adanya kegiatan ini diharapkan para peserta didik dapat terus menghargai nilai-nilai kebudayaan daerah dan zaman dahullu yg dapat diperkenalkan kpd duniaa. https://walisongo.ac.id/

Reply

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Berikut ini kami sampaikan Pengumuman Resmi tentang..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Berikut ini secara resmi kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri..

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?