SEKILAS INFO
: - Kamis, 05-08-2021
  • 2 bulan yang lalu / Wisuda Purna Siswa Tahun 2021 rencananya akan dilaksanakan dengan sistem hybrid events atau secara offline dan online sekaligus pada hari Sabtu, 22 Mei 2021.
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan LHB Semester genap pada tanggal 25 Juni 2021
  • 2 bulan yang lalu / Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan pada tanggal 7-16 Juni 2021
PROJECT BASED LEARNING DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung sekian lama di Indonesia, sehingga mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dapat dilakukan secara langsung tatap muka, namun selama masa pandemi, hal itu tidak mungkin dilakukan. Pemerintah mengembangkan pembelajaran secara daring, sesuai dengan kemampuan setiap daerah. Dengan pembelajaran daring ini, diharapkan tujuan pembelajaran dapat tetap diwujudkan.

Sekolah diseyogyakan memaksimalkan pembelajaran, dengan pembelajaran daring, sehingga esensi pembelajaran tidak berkurang dan pengalaman belajar peserta didik dapat diperoleh secara maksimal dalam kondisi pandemi. Sehingga perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dengan mengedepankan aktivitas peserta didik secara maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah Project Base Learning (PjBL) yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, dimana peserta didik belajar dari rumah. Melalui platform google classroom, peserta didik belajar dengan model PjBL dengan sintaks–sintaksnya, antara lain: penentuan pertanyaan mendasar (Start With the Essential Question); penyusunan rancangan proyek (Design a Plan for the Project); penyusunan  jadwal kegiatan (Create a schedule); memonitor jalannya proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project); penilaian terhadap proyek yang dilakukan (Assess the Outcome); dan evaluasi (Evaluate the Experience). Dalam kondisi pandemi, sintaks–sintaks tersebut dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan situasi pandemi, dimana peserta didik belajar dari rumah mereka. Dengan penerapan model ini diharapkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran tetap ada meskipun dalam kondisi belajar di rumah. Melalui sintaks–sintaks tersebut, peserta didik melakukan aktivitas mulai dari perencanaan sampai pada publikasi hasilnya. Melalui platform ditentukan, mereka melakukan aktivitas untuk mempertanggungjawabkan proyek yang dilakukan. Sehingga dalam model ini, setiap peserta didik berperan aktif dalam pelaksanaan proyek tersebut. Setiap peserta didik bertanggungjawab besar terhadap keberhasilan proyeknya. Menurut Hasibuan dan Medjiono, 2006, pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri bagi siswa melalui berbagai aktivitas belajar. Maka dengan model Project Based Learning diharapkan peserta didik akan berperan aktif dalam pembelajaran meskipun dalam kondisi Pandemi Covid–19.

Gagasan inilah yang saya kembangkan dan diikutsertakan dalam lomba penulisan gagasan nonpenelitian yang diselenggarakan oleh PGRI Kota Yogyakarta pada tahun 2020 dan memperoleh penghargaan juara ke-2. Prestasi ini mudah–mudahan dapat memicu saya khususnya dan rekan–rekan semua untuk makin peka dengan apa yang ada di sekitar kita. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang memberdayakan peserta didik untuk menemukan jati diri mereka. Salam belajar!!!

Suhan Ranta, M.Pd.

Facebook Comments Box

5 komentar

Martin Karakabu, Minggu, 13 Des 2020

Hallo pak Suhan, salam kenal dari guru seberang.

Quotes yang bapak hadirkan di bagian akhir dari tulisan ini sungguh sangat menginspirasi.

“Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang memberdayakan peserta didik untuk menemukan jati diri mereka”.

Terima kasih sudah mengingatkan tentang esensi pendidikan k 13.

Penerapan di masa pandemi dengan teknik Project Base Learning patut untuk saya modifikasi di tempat saya.

Semoga bapak ibu guru dan peserta didik di SMA 3 Jogja selalu semangat dalam menjalani masa – masa sulit ini. Salam hangat, mari mendidik.

Balas

Suhan Ranta, Selasa, 5 Jan 2021

Halo pak Martin. Terima kasih atensinya. Mungkin hal -hal beginilah yang dapat kita sumbangkan dalam tugas kita didunia pendidikan. Selalu tingkatkan semangat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Pandemi Covid 19 akan melahirkan ide – ide dalam pembelajaran dan akan memicu semangat kita untuk lebih berkarya. Jaya guru Indonesia.

Balas

Jennie makatuuk, Sabtu, 17 Jul 2021

Ini sangat baik untuk menggali dan mengembangkan kreativitas anak sesuai dengan kompetensi yg dimiliki sehingga tercipta produk2 inovasi anak bangsa yg sesuai dengan potensi yg dimilikinya dan tercipta merdeka belajar sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara

Balas

Suhan Ranta, Senin, 26 Jul 2021

Terima kasih ibu/ kak Jennie. Kami sebagai guru harus mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Karena saat ini, peran siswa dalam aktivitas belajar sangat dibutuhkan, biar mereka dengan gayanya sendiri dapat memahami matei dan selanjutnya mengembangkan diri untuk lebih bermanfaat di masyarakat.

Balas

Zuhriatul Isnaini S.Pd Angkatan 15, Jumat, 30 Jul 2021

maf pak, bertanya bolehkah Metode ini di terapkan untuk siswa kelas 2 sd?

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020

PENGUMUMAN DAFTAR ULANG DARING PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGUMUMAN PPDB JALUR INKLUSI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN 2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?