SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 30 Jan 2023
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
27 September 2022

Integritas dan Kejujuran dalam Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Tahun Ajaran 2022/2023

Tuesday, 27 September 2022 Kategori : Berita

SMA Negeri 3 Yogyakarta melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara serentak yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Penilaian Tengah Semester ini dilaksanakan mulai Senin, 26 September 2022 hingga berakhir Selasa, 4 Oktober 2022. Kegiatan berlangsung sesuai agenda kalender pendidikan tahun ajaran 2022/2023.

Penilaian Tengah Semester merupakan kegiatan rutin sekolah yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah tiga bulan pembelajaran, baik di semester ganjil maupun semester genap. Melalui Penilaian Tengah Semester ini, diharapkan guru bisa memberikan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan yang diukur dengan indikator penilaian pada setiap mata pelajaran yang diujikan.

Pada Penilaian Tengah Semester ini,  kelas X pertama kali melaksanakan Penilaian Tengah Semester dengan menggunakan aplikasi Geschool. Teknik pelaksanaan Penilaian Tengah Semester ini, siswa harus login menggunakan username dan password yang telah dibuat, memilih ujian yang akan dikerjakan sesuai jenjang dan waktunya, serta mengerjakan soal dan memilih jawaban yang dianggap benar.

Agar terciptanya pelaksanaan Penilaian Tengah Semester yang lancar, sekolah memfasilitasi siswa apabila mengalami kendala perangkat selama kegiatan berlangsung. Pihak panitia telah menyediakan komputer untuk mengantisipasi jika ada gadget yang mungkin bermasalah dengan fasilitas siswa dapat mengerjakan Penilaian Tengah Semester di Laboratorium Komputer 1. Dengan fasilitas yang diberikan, diharapkan siswa tetap dapat fokus mengerjakan tanpa gangguan.

Antusias siswa dalam mengikuti Penilaian Tengah Semester, dapat terlihat dari kehadiran siswa yang datang lebih awal untuk melakukan persiapan. Selain itu jumlah siswa yang izin tergolong sedikit. Bapak ibu guru dan orang tua turut mendukung siswa mengerjakan dengan meneguhkan nilai integritas, jujur, disiplin, dan tertib. Kelancaran siswa mengerjakan Penilaian Tengah Semester ini diharapkan dapat diikuti dengan hasil maksimal yang diperoleh siswa.

Selama ujian berlangsung, siswa wajib menjaga integritas kejujuran. Peran pengawas ujian menjaga pelaksanaan tetap berjalan dengan baik dan jujur serta menanamkan pendidikan karakter yang positif kepada siswa. Dengan mendukung gerakan antimenyontek, siswa turut serta dalam menanamkan mental pendidikan karakter positif. Harapan kedepannya siswa dapat menjadi calon pemimpin yang berintegritas kejujuran dan antikorupsi. Menumbuhkan budaya jujur dikalangan siswa merupakan salah satu upaya menciptakan strategi untuk memberantas korupsi di Indonesia. Sekolah dengan tegas memberikan sanksi dan efek jera terhadap siswa yang melakukan perbuatan menyontek. Kesuksesan diperoleh tidak cukup dengan hasil saja namun juga proses yang harus dilalui.

Semoga kesuksesan senantiasa menyertaimu, Putra-Putri Padmanaba.

Kontributor     : Septi Wulandari, M.Pd.

Editor              : Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Facebook Comments Box

1 Comment

meta alpian , Friday 7 Oct 2022

integritas dan kejujuran merupakan kunci penting dr sbuah keberhasilan. diharapkan setelah diterapkan kedua hal ini para siswa dapat terus menerapkan kedua hal ini dalam sgala bidang. http://walisongo.ac.id/

Reply

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Berikut ini kami sampaikan Pengumuman Resmi tentang..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Berikut ini secara resmi kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri..

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?