SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Saturday, 20 Apr 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
8 February 2023

KENALKAN BUDAYA DAN PENDIDIKAN, SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA LAKUKAN STUDENT EXCHANGE DENGAN STEDELIJK COLLEGE EINDHOVEN

Wed, 8 February 2023 Dibaca 659x Berita

Kegiatan pertukaran pelajar atau student exchange meruapakan kegiatan yang rutin dilaksanakan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Tujuan dilakukannya kegiatan pertukaran pelajar ini yakni agar siswa-siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta mendapat kesempatan untuk menjalin relasi dan mempelajari budaya luar sehingga dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan, serta kemampuan bersosial dalam kancah internasional.

Dalam pelaksanaan hal tersebut, SMA Negeri 3 Yogyakarta menjalin kemitraan dengan Bunga Melati Educational Experiences (BMEE). Kegiatan pertukaran pelajar ini dilakukan dengan Stedelijk College Eindhoven dari Belanda. Untuk tahun ini, kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke-8 sejak 2015, sehingga sudah delapan tahun dilakukannya kegiatan pertukaran pelajar. Terdapat 18 siswa dari Stedelijk College of Eindhoven yang mengikuti kegiatan ini. Masing-masing dari siswa tersebut, didampingi oleh host yang merupakan siswa pertukaran pelajar dari SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Untuk mengawali kegiatan student exchange, dilakukan penyambutan dalam upacara bendera yang dilakukan Senin, 06 Februari 2023. Setelah itu dilakukan kegiatan di ruang Audio Visual Aids (AVA) untuk menyambut dan pengenalan kepada Stedelijk College Eindhoven. Pada kegiatan ini, Bapak Dr. Kusworo, S.Pd.,M.Hum. selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Yogyakarta menyambut dengan baik siswa-siswi Stedelijk College Eindhoven. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa SMA Negeri 3 Yogyakarta senang dapat melakukan kegiatan pertukaran pelajar kembali setelah dua tahun terhalang karena Covid-19.

Setelah itu dilanjutkan sambutan oleh Mr. Henny Damen yang merupakan Kepala Sekolah dari Stedelijk College Eindhoven. Beliau menyampaikan rasa terima kasih karena SMA Negeri 3 Yogyakarta sudah menerima siswa Stedelijk College Eindhoven dengan baik dan mendapat rumah ke dua di Indonesia. Setelah penyambutan, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi siswa-siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta. Presentasi tersebut berupa perkenalan terkait sistem pendidikan di Indonesia. Siswa dan siswi dari Stedelijk College Eindhoven juga turut mempresentasikan sistem pendidikan di Belanda. Setelah kegiatan presentasi, siswa-siswi dari Stedelijk College Eindhoven  mengikuti futsal dan pertandingan mini bola basket di Lapangan Basket SMA Negeri 3 Yogyakarta. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, baik siswa-siswi dari SMA Negeri 3 Yogyakarta maupun dari Stedelijk College Eindhoven mampu menjalin relasi dan bertukar kebudayaan.

Siswa-siswi yang mengikuti pertukaran pelajar ini terlihat sangat antusias dengan pertukaran pelajar ini. Dengan trip dari Belanda ke Indonesia, mereka mengenal hal-hal baru yang berbeda dari Belanda. Menurut Emma (16) dan Juul (15), jalan dan iklim di Yogyakarta berbeda dengan Belanda, orang-orangnya pun menerima mereka dengan sangat baik. Dengan perbedaan tersebut, mereka dapat menyesuaikan diri dan mempelajari hal-hal baru. Mereka juga menuturkan bahwa sangat disarankan untuk melakukan kunjungan atau pertukaran pelajar dengan SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Pada hari Rabu, 08 Februari 2023, siswa-siswi dari Stedelijk College Eindhoven melakukan kegiatan membatik di Bangsal Senam SMA Negeri 3 Yogyakarta. Batik merupakan budaya Indonesia berupa kain ditorehkan malam dengan cara tertentu, yang umumnya dipergunakan sebagai bahan pakaian. Pada sesi membatik ini, seluruh siswa-siswi Stedelijk College Eindhoven ikut serta dalam membatik didampingi oleh host masing-masing. Kegiatan ini mengundang antusiasme dari semua siswa. Di atas kain mori putih polos, siswa-siswi berkreasi menorehkan malam dengan berbagai motif batik. Guru Matematika (Mathematics) dan Seni (Art) dari Stedelijk College Eindhoven pun turut serta dalam kegiatan membatik ini. Dua siswi dari Stedelijk College Eindhoven, Evy (16) and Ninka (15), mengungkapkan bahwa mereka belum pernah membuat batik sebelumnya sehingga membatik menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Meskipun begitu, mereka menganggap bahwa batik sangatlah indah dan mereka menyukai kegiatan membatik ini.

 

Kontributor: Nafisa Khoirun Widiasri, S.Si.

Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?