SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Sunday, 06 Oct 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
15 June 2020

Peningkatan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication) pada Materi Suggestion Melalui PBL (Problem Based Learning)

Mon, 15 June 2020 Dibaca 3326x

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris pada satuan pendidikan meliputi aspek kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei, dan kompetensi linguistik. Pelajaran bahasa membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi aktif dalam masyarakat, bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis, imaginative, dan memotivasi semangat belajar yang ada pada dirinya, sesuai dengan pembelajaran abad 21 yang  popular disebut  4C.  Pada pembelajaran ini melalui PBL pada materi suggestion diharapkan dapat meningkatkan kemampuan 4C peserta didik.

Dalam meningkatkan 4C pada materi suggestion ini melalui PBL, penulis  menggunakan berbagai media seperti lingkungan sekolah, WhatsApp, LINE, Google Classroom, dan media lain. Penulis berharap dengan media tersebut dapat menarik peserta didik untuk melakukan berbagai ragam suggestion dalam bentuk latihan dan praktik dikirimkan ke guru dari kalimat  yang sederhana sampai dengan kalimat yang kompleks. Penulis memberikan kesempatan peserta didik untuk membuat rencana dengan mengambil beberapa sampel foto tempat yang kurang nyaman dan menjelaskan secara detail dengan menyebutkan benda-benda dan situasi yang ditemukan dalam gambar setelah itu peserta didik berkomentar hal-hal yang kurang nyaman berdasarkan gambar tersebut, kemudian merancang solusi untuk mengatasi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menggunakan daftar rencana, caption yang dituliskan dalam bentuk paragraf sehingga peserta didik mampu menuliskan komentar saran dan solusinya sesuai yang diinginkan.

Aktivitas dalam pembelajaran menggunakan Model  PBL dan Kegiatan Pembelajaran sbb

FASE-FASE

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Fase 1:

Orientasi siswa kepada masalah

Ø Peserta didik dihadapkan pada peristiwa dengan memberikan pertanyaan, “what’s the problem?”

Ø Dengan mencermati video tantang sampah plastik yang ditayangkan, peserta didik diharapkan mampu menemukan masalah yang terjadi dengan memberikan komentar berupa kata-kata ataupun frasa berbentuk kata benda dan kata sifat, dan peserta didik diharapkan mampu merangkai kata kata tersebut menjadi kalimat sederhana berbentuk pernyataan (bentuk positif dan negatif dengan should , shouldnot, mereka menemukan berbagai ungkapan secara bervariasi.

 

Fase2: Mengorganisasikan siswa Ø Peserta didik dikelompokkan secara heterogen, masing – masing mengkaji lembar kegiatan berkenaan ungkapan suggestion berdasarkan yang terjadi pada tayangan video tentang sampah plastik dibeberapa tempat dan situasi yang berbeda dengan  pernyataan sebagai berikut : write the statements based on the problems you get it minimal 10 problems and give the reasons and also the solutions.

 

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok Ø Peserta didik diarahkan mengamati masalah masalah  berkenaan dengan sampah plastik yang ada ditayangan video dengan beberapa pertanyaan yang mengarah pada ungkapan statement dengan menggunakan should, shouldnot, reason menggunakan because, because of, the reason is…, due to.., in order that.., in order to.., I think.., that is why… dan solution, by giving the steps to solve the problem and how to do it properly
” baik lisan maupun tulis 
Fase 4:Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Ø Peserta didik secara kelompok mendiskusikan penyebab sampah plastik yang ada pada tayangan video dan juga memberikan alasan penyebab sampah plastik  dan solusi / cara cara dalam mengatasi masalah sampah tersebut secara tertulis dan lisan di sekitar dalam bentuk paragraf atau bentuk list, mereka mendiskusikan dengan kelompok masing-masing.

Ø Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan memberikan kesempatan setiap anggota mempresentasikan bagian bagian tertentu tanpa teks hanya bisa mencatat point yang akan disampaikan didepan teman lain dan guru

 

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah Ø Peserta didik melakukan diskusi kelas untuk mencari solusi yang tepat  atas penyebab dan cara pencegahan sampah plastik berdasarkan video yang ditayangkan dan merefkeksi hasil diskusi secara kelompok pada lembar kerja yang disediakan dengan mencatat kembali 10 pernyataan berdasarkan situasi yang ada pada tayangan video dengan menggunakan beragam ungkapan suggestion dan beralasan.

Ø Peserta didik memberikan refleksi hasil pembelajaran tentang materi suggestion dan permasalahannya

Berdasarkan  hasil kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa inggris menggunakan model PBL pada materi suggestion dengan mengangkat tema linkungan akan meningkatkan pencapaian 4C sekaligus  untuk memperbaiki pencapaian  materi suggestion.

 

Kontributor: Noer Indahyati, S.Pd., M.Pd.B.I

Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?