SEKILAS INFO
: - Selasa, 11-05-2021
  • 5 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 5 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 5 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
Share artikel ini di media sosial kamu

Maraknya pemberitaan tentang penyakit antrhax yang sedang mewabah di Yogyakarta tentunya membuat masyarakat khawatir. Pasalnya penyakit ini dikenal cukup berbahaya bahkan dapat merenggut nyawa jika tidak segera ditangani. Namun tentunya, masyarakat Yogyakarta tidak boleh langsung percaya tanpa mengkonfirmasinya terlebih dahulu. Para pakar sudah memberi pernyataan bahwa penyakit ini sedang tidak menjadi wabah di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Hanya saja terdapat kasus dimana warga terserang penyakit ini, maka patutnya warga Yogyakarta ikut mewaspadai penyakit anthrax ini. Berikut adalah Penyebab dan Gejala dari Penyakit Anthrax.
Penyebab
Anthrax adalah infeksi bakteri serius yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Bakteri ini memiliki spora tidak aktif dan hidup di tanah, namun saat memasuki tubuh inangnya spora tersebut menjadi aktif. Pada umumnya inang dari bakteri ini adalah hewan ternak, sapi atau kerbau, namun dapat menjangkiti manusia pada hal hal tertentu misalnya memakan daging terinfeksi yang tidak dimasak dengan baik (matang, mencapai 100°C), atau berhubungan langsung dengan hewan yang terinfeksi contohnya ternak sapi, pemotongan hewan, kulit hewan ternak, dan lainnya.
Gejala
Jika bakteri ini menginfeksi manusia gejala yang dapat diamati adalah,
1. Anthrax Kulit
Anthrax ini masuk memalui kulit yang luka dan merupakan yang paling umum. Jika ditangani dengan tepat maka penyakit ini jarang berakibat fatal. Tanda dari anthrax kulit ini diantaranya adalah kulit yang bengkak dan benjol ditengahnya terdapat warna kehitaman serta gatal dan sakit dan pembekakan kelenjar getah bening didekat yang terkena.

2. Anthrax Gastrointestinal
Anthrax ini terjadi karena seseorang memakan daging terinfeksi yang tidak dimasak dengan baik. Tanda dari anthrax gastroinestinal ini adalah mual, muntah yang selanjutnya dapat menjadi muntah darah, hilang nafsu makan, demam, diare parah, sakit tenggorokan, dan leher bengkak.

3. Anthrax Inhalasi
Anthrax ini terjadi karena sesorang menghirup spora anthrax dan merupakan yang paling mematikan. Tanda dari anthrax ini adalah gejala flu, sakit tengggorokan, demam, sakit otot, kesulitan bernapas, shock, dan juga meningitis jika sudah dalam tahap parah.
Tentunya tidak hanya dari artikel ini saja anda dapat menyimpulkan seseorang terjangkit penyakit anthrax. Penanganan dan indikasi dari dokter adalah yang terpenting. Maka jagalah lingkungan tetap bersih, tingkatkan daya tahan tubuh baik anda ataupun hewan ternak/peliharaan anda.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?