SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 20 May 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
5 July 2021

INFORMASI PEMILIHAN MATA PELAJARAN LINTAS MINAT DAN SENI BUDAYA

Mon, 5 July 2021 Dibaca 2738x Berita

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Berikut ini kami sampaikan Informasi Resmi tentang Pemilihan Mata Pelajaran Lintas Minat dan Mata Pelajaran Seni Budaya bagi Peserta Didik Baru Kelas X SMAN 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022/2023.

Cek disini :

Apa itu Mata Pelajaran Lintas Minat?

Mata Pelajaran Lintas Minat adalah suatu program pembelajaran yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan untuk memperluas minat, bakat, dan kemampuan yang dimiliki peserta didik dengan memilih kelompok mata pelajaran di luar kelompok program peminatannya. Misalnya saja ada seorang peserta didik yang saat ini berada di kelas MIPA, tetapi peserta didik tersebut juga tertarik pada bahasa tertentu. Nah, di sinilah peserta didik dapat memanfaatkan lintas minatnya.

 

Apa Saja Mata Pelajaran Lintas Minat di SMAN 3 Yogyakarta?

Mari simak uraian singkat berikut ini…

A. Bahasa Inggris Peminatan

SMAN 3 Yogyakarta yang terkenal dengan nama “Padmanaba” adalah salah satu sekolah yang difavoritkan dalam berbagai bidang, baik akademik maupun nonakademik. Dalam program akademik, ada salah satu program lintas minat yang mampu memberikan kesempatan siswa untuk menggali potensi dalam berkomunikasi.
Nah, salah satu mapel lintas minat adalah Bahasa lnggris. Kenapa kita perlu belajar Bahasa Inggris?

Belajar Bahasa Inggris itu sangat penting, karena melalui Bahasa Inggris kita dapat memperkenalkan keanekaragaman budaya dan bahasa bangsa ini kepada mereka yang tentu saja ingin mengetahui tentang negara kita, Indonesia. Sebagai media komunikasi internasional, Bahasa Inggris sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika kamu menguasai bahasa Inggris.

Pertama, peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Tentu saja untuk sekarang ini, mencari pekerjaan yang sesuai bukanlah hal yang mudah, tapi jika kita mampu menguasai Bahasa lnggris itu adalah peluang besar bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan. Nah, seperti yang sudah dijelaskan bahwa bahasa Inggris cukup berperan penting dalam hal apapun di era yang semakin maju seperti sekarang ini.

Kedua, mudah bersosialisasi dan berinteraksi. Kita ketahui hampir diseluruh belahan dunia menguasai Bahasa Inggris untuk berinteraksi. Dengan menguasai bahasa Inggris, akan lebih mudah bersosialisasi, bahkan tidak menutup kemungkinana untu melanjutkan pendidikanke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri.

 

B. Bahasa Jepang

Sama seperti Bahasa Inggris, belajar Bahasa Jepang juga dapat mempermudah interaksi dan sosialisasi. Materi yang diberikan dalam mata pelajaran lintas minat Bahasa Jepang antara lain budaya (masyarakat Jepang, pop culture, serta adat dan kebiasaan orang jepang), tulisan (cara membaca dan menulis dalam huruf hiragana, katakana, dan kanji), juga kebahasaan (ungkapan dan bahasa jepang sederhana sehari-hari).
Prospek ke depan sebagai manfaat dari mempelajari Bahasa Jepang adalah memberikan pemahaman lebih mengenai Bahasa Jepang dasar sebagai bekal tambahan dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi di kemudian hari.


Sumber : https://padmanaba.id/mengenal-budaya-jepang-yukata/

C. Bahasa Jerman

Jerman merupakan salah satu negara besar di Benua Eropa. Tentunya, dengan mempelajari Bahasa Jerman, kita juga dapat sekaligus mengenal dan mengetahui bahasa dan budaya mereka.

Baca Juga:

Menuju Olimpiade Dunia Berkat Bahasa Jerman

https://padmanaba.id/media-bildergeschichte-untuk-meningkatkan-kemampuan-menulis-bahasa-jerman-peserta-didik-kelas-x-sma-n-3-yogyakarta/

D. Informatika

Pemerintah memutuskan untuk menghadirkan kembali mata pelajaran (mapel) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah. Mapel yang berganti nama dengan Informatika ini akan diajarkan di tingkat SMP dan SMA dan sudah mulai diterapkan pada Tahun Ajaran 2019/2020. Mata pelajaran Informatika yang digulirkan Kemendikbud era Prof. Muhadjir Effendy ini merupakan sebuah terobosan besar untuk meningkatkan daya saing anak bangsa sekaligus untuk ketahanan nasional, serta untuk memecahkan kebuntuan tentang polemik mata pelajaran TIK yang sebelumnya telah dihapuskan.

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan-perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang teknologi seperti Tesla, Microsoft, Apple, Google, Facebook, Amazon, Dell, dan Alibaba? Kini mereka adalah perusahaan yang rajin mengakuisisi dan menginvestasikan dananya ke perusahaan-perusahaan start up. Bahkan banyak pendiri dari perusahaan-perusahaan teknologi tersebut berhasil menjadi orang-orang Terkaya di dunia dengan harta miliaran dolar AS.

Dengan mempelajari seluk-beluk Informatika, peserta didik dapat melihat prospek kerja di bidang Informatika, antara lain Programmer, Software Developer, Web Designer, IT Consultant, Network Administrator, Game Developer, Android/IOS Developer, Animator Multimedia, dan lain-lain. Tak sedikit alumni SMAN 3 Yogyakarta yang kemudian mengambil jurusan-jurusan berbasis teknologi di jenjang perguruan tinggi.
Adapun Fasilitas  Informatika di SMAN 3 Yogyakarta antara lain Wi-Fi hotspot di seluruh ruang kelas, Studio Padcast, email domain @sma3jogja.sch.id dengan fitur Google Drive Unlimited untuk setiap siswa dan guru, 2 laboratorium komputer dan akan dibangun laboratorium digital serta ruang praktek komputer pada gedung Grha Padmanaba.

https://grha.padmanaba.id/facilities/

 

E. Ekonomi
Mata Pelajaran Lintas Minat Ekonomi akan mempelajari tentang konsep ilmu ekonomi, sistem ekonomi, peran pelaku ekonomi, pasar, lembaga jasa keuangan, bank sentral, badan usaha, perkoperasian, manajemen, pendapatan nasionl, ketenagakerjaan, inflasi, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, APBN dan APBD, perpajakan, perdagangan dan kerjasama ekonomi internasional, serta akuntansi perusahaan jasa dan dagang. Meskipun banyak sekali yang akan dipelajari, tetapi tentu saja tidak sedikit manfaat dari ilmu ekonomi tersebut untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, saat ini banyak sekali para peserta didik ataupun masyarakat umum yang menggunakan media transaksi elektronik saat membeli barang-barang atau kebutuhan tertentu.

Dengan belajar Ekonomi, berikut ini prospek masa depan peserta didik:
– Jika ingin melanjutkan kuliah atau pendidikan di perguruan tinggi, peserta didik dapat mengambil jurusan Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Bisnis, Administrasi Bisnis, Trading (Perdagangan Internasional), Perpajakan, Bea Cukai, dan lain sebagainya.

– Jika ingin mengembangkan karir, maka peserta didik dapat bekerja di semua sektor pemerintahan ataupun swasta, nasional ataupun internasional. Misalnya di perusahaan pada semua sektor ekonomi, kantor-kantor pemerintahan,  Rumah Sakit, Perbankan, Kantor Pajak, Bea Cukai, dan dapat juga berwira usaha sendiri (enterpreneur).

Peserta didik yang mengikuti kompetisi di bidang Ekonomi:

 

F. Sosiologi

Source: Google.com

Dunia telah berubah mengikuti perkembangan kehidupan manusia. Salah satu bentuk perubahan yang terjadi adalah perubahan kebiasaan masyarakat dari bersalaman menjadi tidak bersalaman, dari sistem belajar tatap muka menjadi e-learning, dan dari masyarakat yang abai terhadap masalah kesehatan menjadi masyarakat yang paham dan peduli kesehatan. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat kadang tidak bisa diikuti oleh masyarakat sehingga mengakibatkan adanya konflik. Ilmu yang mengkaji tentang hal ini adalah Sosiologi.

Sebagai salah satu Mata Pelajaran Lintas Minat, Sosiologi adalah ilmu tentang kemasyarakatan yang mengkaji semua hal yang terjadi di dalam masyarakat, hubungan-hubungan di dalam masyarakat, perubahan dalam masyarakat, dan kelompok-kelompok di dalam masyarakat. Sosiologi merupakan sebuah ilmu yang menawarkan pencegahan, penyelesaian, dan penanggulangan masalah dalam masyarakat. Sosiologi membentuk karakter manusia sebagai agent of change. Mari bergabung dengan Sosiologi dan mari bermanfaat lebih untuk masyarakat kita.

 

Apa Saja Mata Pelajaran Seni Budaya di SMAN 3 Yogyakarta?

A. Seni Rupa

Dalam kelas seni rupa hal-hal yang dipelajari bukan sekedar cara menggambar yang baik dan benar, mencampur warna dan mengarsir dengan cara yang tepat. Kelas seni rupa mempelajari beragam aktivitas seni rupa diantaranya desain poster, lukisan, desain interior, gambar bentuk, gambar model, desain ornamen, dan masih banyak lainnya. Kelas seni rupa mengarahkan serta mendampingi siswa yang tertarik dalam dekor, desain dan seni kreatif lain bahkan tidak jarang merupakan kelas konsultasi desain dan dekor dalam beberapa event di Padmanaba. Pendampingan dalam lomba-lomba bidang seni rupa pun tetap berjalan antara lain nyungging wayang, komik, desain poster, mural dan lainnya.

Siswa SMAN 3 Yogyakarta meraih juara 1 Lomba Festival Mural yang diselenggarakan oleh GOJEK beberapa waktu lalu. Siswa tersebut adalah Najwa Janavy Karenina (XI IPA 3), Pratita Amaranggana Dharmesti (XI IPA 3), Emily Qurata Ayuni (XI IPA 2), dan Ossa Rayhana Jasmine (XI IPA 6). Proses membuat mural ini membutuhkan waktu 6 hari dalam mengerjakannya, mereka menggunakan tembok sisi Selatan Laboratorium Biologi untuk menuangkan karya mereka. Gojek memberikan beberapa tema yang dapat dipilih dalam Lomba Mural dan tim Padmanaba memilih tema “Bangga Indonesia”. Dalam festival tersebut, Srikandi SMAN 3 Yogyakarta memperoleh total skor tertinggi.

Pameran seni rupa dalam rangka ujian praktik kelas XII

B. Seni Musik

Sesuai dengan salah satu poin dalam visi SMAN 3 Yogyakarta yakni mewujudkan sekolah yang mampu menyiapkan generasi yang beriman, kreatif, dan berbudaya, program lintas minat seni budaya khususnya bidang seni musik adalah wadah yang tepat. Melalui program lintas minat seni musik, siswa memiliki peluang untuk lebih memupuk kreativitas dan mengapresiasikan seni untuk pengembangan kepribadian dan memberikan sikap-sikap emosional yang seimbang.
Musik tentunya menunjang perkembangan belajar peserta didik di sekolah. Dengan mempelajari musik, peserta didik diajak untuk lebih berkonsentrasi di kelas dan dapat meningkatkan intelejensi serta daya ingat. Peserta didik yang sedang mengidentifikasi passion-nya di luar pembelajaran akademis, atau memiliki cita-cita kelak di bidang entertainment & arts, akan dipupuk rasa percaya dirinya dengan terus mendapatkan konseling menuju ke jenjang berikutnya.
Terlebih, SMAN 3 Yogyakarta sangat mendukung pembelajaran seni musik dengan menyediakan berbagai fasilitas musik seperti studio musik, ruangan New Arga Bagya sebagai mini performance hall, dan peralatan musik yang lengkap baik electric maupun akustik.

Liputan video pentas seni musik SMAN 3 Yogyakarta


C. Seni Tari

Seni tari merupakan bagian dari kebudayaan yang ada pada setiap negara atau daerah termasuk negara Indonesia. Keanekaragaman seni tari yang ada di Indonesia menandakan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi setiap masyarakat Indonesia terutama generasi muda perlu melestarikan seni tari Indonesia. Jika, seni tari terus menerus dilestarikan, maka seni tari Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat dunia.
Ketika melihat seni tari pasti selalu identik dengan gerakan karena seni tari itu sendiri merupakan suatu kegiatan seni yang sangat fokus terhadap setiap gerakan tubuh. Pada pembelajaran seni tari kita belajar selalu berirama dan berpola, baik itu diiringi dengan musik atau tanpa iringan musik. Karena Pembelajaran seni tari tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, pementasan, atau media hiburan saja, tetapi seni tari juga mengajarkan kita untuk bisa olah rasa, irama, dan raga.

Seni Tari SMAN 3 Yogyakarta merupakan bagian dari mapel Seni Budaya untuk memfasilitasi bakat-bakat tari. Dengan potensi yang dimiliki serta nilai karakter percaya diri, disiplin, dan konsistensi banyak prestasi yang telah diraih anggotanya. Hal ini merupakan wujud cinta tanah air dengan memelihara tradisi dan kebudayaan Indonesia.


Keterangan gambar : pembelajaran tari di lobi Grha Padmanaba

Beberapa liputan video pentas seni tari SMAN 3 Yogyakarta



Bagaimana Cara Memilih Mata Pelajaran Lintas Minat dan Seni Budaya?

Silakan ikuti petunjuk berikut ini…

  • Pemilihan mata pelajaran lintas Minat dan Mata Pelajaran Seni Budaya bagi Peserta Didik Baru Kelas X SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 dilakukan dengan mendaftar secara online pada hari Kamis, 07 Juli 2022 mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB.
  • Berikut alamat link pengisian Google Formulir tersebut : https://lintasminat.sma3jogja.sch.id
  • Pemilihan lintas minat wajib bagi kelas X MIPA.
  • Pemilihan mata pelajaran seni budaya (seni rupa, seni musik, seni tari) wajib bagi kelas X MIPA dan X IPS.
  • Dasar pilihan mata pelajaran lintas minat adalah waktu mendaftar dan kuota kelas.

Demikian informasi ini Kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu Ortu/Wali dan Peserta Didik Baru Kelas X SMAN 3 Yogyakarta, Kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
May 2024
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?