SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 2 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 2 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
Share artikel ini di media sosial kamu

Seiring bertambahnya usia, kondisi dan fungsi tubuh dapat menurun. Tidak terkecuali bagi tulang dan sendi kita. Jika tidak dirawat sejak dini, kekuatan tulang dan sendi dapat semakin menurun. Akibatnya bisa terkena osteoporosis, osteoartritis, dan juga rheumatik. Merawat tulang dan sendi sejak dini merupakan pilihan yang paling baik karena dapat mengurangi resiko terkena penyakit tulang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Perbanyak Gerak

Semakin kurang kita bergerak semakin tidak terlatih tulang dan sendi kita. Otot yang tidak rajin digerakkan pun juga tidak dapat melindungi saat terjadi cedera. Olahraga yang dapat dilakukan tidak harus yang memiliki kadar intensitas yang tinggi. Dengan jalan sehat pagi hari atau rajin peregangan bahkan yoga ringan pun dapat menjadi rutinitas kesehatan tulang dan sendi.

Hindari Cedera

Hindari kegiatan yang dapat membuat tulang bekerja lebih berat dari biasanya. Seperti mengangkat beban berat yang bahaya bagi tulang belakang dan pinggul, atau olahraga berat yang rawan cedera, juga posisi duduk atau tidur yang tidak benar.

Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Kalsium adalah salah satu faktor dalam kesehtan tulang, sendi, dan otot. Makanan yang memiliki kandungan kalsium diantaranya adalah susu tinggi kalsium, sayur – sayur hijau seperti brokoli, salmon dan sarden, kacang – kacangan, buah – buahan, produk kacang – kacangan seperti tahu, tempe, susu kedelai. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya kalsium dapat membantu regenerasi tulang sehingga dapat mengurangi resiko osteoporosis.

Menjaga Pola Hidup

Menjaga pola hidup adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak hal yang membuat pola hidup menjadi tidak baik seperti merokok, konsumsi kafein, minuman soda atau alkohol, juga makanan yang tidak sehat. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi.

Tidak hanya itu saja cara menjaga kesehatan tulang dan sendi konsumsi suplemen tambahan seperti vitamin d juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Hal diatas dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Sehingga dapat mencegah atau mengurangi resiko penyakit tulang yang dapat terjadi saat usia dewasa hingga tua.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?