SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Saturday, 20 Apr 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
7 January 2017

Cara – Cara Mencegah Penyakit Tulang yang Dapat Menyerang Usia Tua

Sat, 7 January 2017 Dibaca 1893x Tak Berkategori

Seiring bertambahnya usia, kondisi dan fungsi tubuh dapat menurun. Tidak terkecuali bagi tulang dan sendi kita. Jika tidak dirawat sejak dini, kekuatan tulang dan sendi dapat semakin menurun. Akibatnya bisa terkena osteoporosis, osteoartritis, dan juga rheumatik. Merawat tulang dan sendi sejak dini merupakan pilihan yang paling baik karena dapat mengurangi resiko terkena penyakit tulang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Perbanyak Gerak

Semakin kurang kita bergerak semakin tidak terlatih tulang dan sendi kita. Otot yang tidak rajin digerakkan pun juga tidak dapat melindungi saat terjadi cedera. Olahraga yang dapat dilakukan tidak harus yang memiliki kadar intensitas yang tinggi. Dengan jalan sehat pagi hari atau rajin peregangan bahkan yoga ringan pun dapat menjadi rutinitas kesehatan tulang dan sendi.

Hindari Cedera

Hindari kegiatan yang dapat membuat tulang bekerja lebih berat dari biasanya. Seperti mengangkat beban berat yang bahaya bagi tulang belakang dan pinggul, atau olahraga berat yang rawan cedera, juga posisi duduk atau tidur yang tidak benar.

Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Kalsium adalah salah satu faktor dalam kesehtan tulang, sendi, dan otot. Makanan yang memiliki kandungan kalsium diantaranya adalah susu tinggi kalsium, sayur – sayur hijau seperti brokoli, salmon dan sarden, kacang – kacangan, buah – buahan, produk kacang – kacangan seperti tahu, tempe, susu kedelai. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya kalsium dapat membantu regenerasi tulang sehingga dapat mengurangi resiko osteoporosis.

Menjaga Pola Hidup

Menjaga pola hidup adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak hal yang membuat pola hidup menjadi tidak baik seperti merokok, konsumsi kafein, minuman soda atau alkohol, juga makanan yang tidak sehat. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi.

Tidak hanya itu saja cara menjaga kesehatan tulang dan sendi konsumsi suplemen tambahan seperti vitamin d juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Hal diatas dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini. Sehingga dapat mencegah atau mengurangi resiko penyakit tulang yang dapat terjadi saat usia dewasa hingga tua.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments Box

Tulisan Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?