SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 21 Jun 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
3 November 2021

KEGIATAN LAUNCHING AKSI BERGIZI CEGAH STUNTING DI SMAN 3 YOGYAKARTA

Wed, 3 November 2021 Dibaca 1015x Berita

Pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 diadakan kegiatan launching aksi bergizi cegah stunting, yang melibatkan siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bekerja sama dengan pemerintah Kota Yogyakarta. SMA Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu dari 10 sekolah lain di wilayah Kota Yogyakarta yang menjadi tempat penyelenggaraan aksi bergizi ini.
Tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi di usia remaja selain pencegahan anemia. Selain itu, bertujuan untuk pendistribusian konsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri.

Kegiatan dilaksanakan dengan metode pemaparan dari narasumber dan tanya jawab yang didahului dengan kegiatan senam. Narasumber memaparkan materi secara luring dan daring melalui platform zoom. Muatan materi yang disampaikan yaitu pentingnya asupan zat besi di usia remaja selain mengenai anemia. Disamping itu, program aksi bergizi merupakan program pendampingan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Yogyakarta.

Pembukaan dan sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dilaksanakan setelah senam bersama para siswi dan instruktur yang ditunjuk. Pemaparan materi tentang “Pentingnya Asupan Zat Besi di Usia Remaja selain Pencegahan Anemia” diikuti secara daring di Ruang AVA SMA Negeri 3 Yogyakarta. Dalam sesinya, terdapat penyerahan paket aksi bergizi secara simbolis media KIE “Piring Makanku”.

Kegiatan Aksi Bergizi ini diharapkan mampu memberikan wawasan kesehatan kepada para siswa untuk selalu memperhatikan asupan gizi mereka saat usia remaja. Pemberian pengetahuan tentang pentingnya zat besi sebagai pencegahan terhadap kekurangan asupan gizi yang dapat berakibat terjadinya stunting di masa depan bagi remaja itu sendiri atau bagi anak anak mereka nantinya. Pencegahan stunting dimulai dari usia remaja merupakan salah satu langkah nyata pencegahan stunting di Indonesia. Selain itu, kekurangan zat besi juga bisa mengakibatkan anemia yang berdampak pada penurunan prestasi belajar di sekolah. Maka, kegiatan ini dimaksudkan supaya pelajar putri mampu memberikan edukasi lanjut kepada kawan-kawan lainnya yang tidak mengikuti kegiatan ini secara langsung.

Kontributor : Tri Khotimah Sholikhah, S.Ag., M.Pd.I.
Editor : Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?