SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 20 May 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
10 February 2023

SISWA KELAS XII LAKSANAKAN TRY OUT SNBT BERSAMA RUANGGURU

Fri, 10 February 2023 Dibaca 1005x Berita

Try out merupakan suatu kegiatan uji coba pengerjaan soal-soal dalam ujian masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Try out biasanya diselenggarakan guna persiapan atau sarana latihan agar siswa siap menghadapi ujian atau tes-tes tertentu. Menjelang pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) untuk penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023, SMA Negeri 3 Yogyakarta berkolaborasi dengan Ruangguru melaksanakan try out untuk siswa kelas XII yang bertajuk #JanganTakutSNBT. Tujuan dilaksanakannya try out ini yaitu mempersiapkan siswa kelas XII dalam SNBT untuk menghadapi ujian dalam rangka melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kegiatan try out telah dilaksanakan pada Kamis, 9 Februari 2023, pukul 08.30 WIB – selesai dan bertempat di ruang kelas masing-masing. Rencananya, try out akan dilaksanakan sebanyak tiga kali, yakni pada 9, 20, dan 24 Februari 2023. Pengerjaan soal try out dilakukan secara online dengan membuka aplikasi pada website Ruangguru. Penggunaan aplikasi pada website diharapkan dapat mengantisipasi siswa yang terkendala sehingga lancar dalam mengerjakan soal-soal try out. Adapun sistem yang digunakan dalam try out ini juga sudah disesuaikan dengan peraturan Kemendikbudristek dan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yakni sistem Item Response Theory (IRT) atau Teori Respon Butir. Sistem IRT merupakan sistem yang mengutamakan karakteristik soal dalam penilaiannya. Selain mempertimbangkan jumlah soal yang dijawab benar, sistem ini mempertimbangkan tingkat kesulitan dari suatu soal. Semakin sulit suatu soal, maka bobot untuk jawaban yang benar semakin tinggi.

Pada kegiatan try out di SMA Negeri 3 Yogyakarta, siswa kelas XII mengerjakan dua tipe soal, yakni Test Potensi Skolastik (TPS) dan Literasi. Komponen yang terdapat dalam soal TPS adalah penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan menulis, serta pengetahuan kuantitatif. Sedangkan komponen dari Literasi adalah literasi Bahasa Indonesia, literasi Bahasa Inggris, dan penalaran matematik. Siswa kelas XII disediakan waktu mengerjakan soal-soal try out dengan durasi 90 menit untuk TPS dan 105 menit untuk Literasi. Keuntungan yang diperoleh siswa yang mengikuti try out ini yaitu siswa akan menerima hasil try out secara rinci. Laporan hasil try out mencakup nilai detail dari setiap komponen soal, ranking siswa dalam program studi yang dipilih dalam tingkat nasional, persentase siswa diterima pada program studi pilihan, dan alternatif program studi atau perguruan tinggi yang dapat dipilih siswa selain pilihan utamanya. Dengan begitu, tentunya siswa akan sangat terbantu dalam pemilihan program studi di perguruan tinggi.

 

Kontributor: Nafisa Khoirun Widiasri, S.Si.

Editor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
May 2024
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?