SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 21 Jun 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
22 October 2021

Program BRIDGE Wadah untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Guru

Fri, 22 October 2021 Dibaca 1280x Berita

Program BRIDGE menghubungkan sekolah dan madrasah di Indonesia dengan sekolah-sekolah di Australia. Sejak dimulainya pada tahun 2008, Program Kemitraan Sekolah BRIDGE telah membentuk lebih dari 195 kemitraan sekolah. Sebagai bagian Program BRIDGE, setiap kemitraan (melalui guru-guru terpilih) mendapatkan akses ke berbagai pembelajaran profesional dan kegiatan-kegiatan dukungan lainnya. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pendidik dari segi pedagogi, teknologi informasi dan komunikasi, serta pembelajaran interkultural.

Program ini merupakan kali kedua Program BRIDGE mengadakan Kegiatan rapat pemangku kepentingan dalam pendidikan secara virtual. Di akhir tahun 2020, Program BRIDGE menghadirkan para pengawas sekolah dan madrasah untuk kegiatan serupa dalam mengapresiasi dukungan mereka sebagai mentor kepada sekolah/madrasah dan penghubung dengan pemerintah daerah. Sebagai program kelanjutan, Program BRIDGE berencana untuk mengadakan kegiatan serupa di tahun 2022.

Program Kemitraan Sekolah BRIDGE didanai oleh Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan diimplementasikan oleh Asia Education Foundation (AEF) di bawah the University of Melbourne, Australia. BRIDGE merupakan singkatan dari Building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement. Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia menghubungkan komunitas sekolah di 18 provinsi di Indonesia dan seluruh negara bagian dan teritori di Australia untuk mendukung pembelajaran kolaboratif dan pedagogi melalui kemitraan sekolah internasional. Sejak 2008 hingga 2021, program ini telah menjalin 195 kemitraan sekolah dan mengembangkan kapasitas lebih dari 780 pendidik.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan saat itu oleh Kepala Sekolah SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 3 Yogyakarta merupakan sekolah yang terpilih. Pada hari Kamis, 16 September 2021 melalui Program Australia-Indonesia BRIDGE (Building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement) School Partnership Program atau program Kemitraan Sekolah Bridge Australia-Indonesia didanai oleh pemerintah australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan dan diimplementasikan oleh Asia Education Foundation (AEF) melakukan penandatanganan RoU (Record of Understanding) secara vitual.

Penandatanganan Catatan Kesepahaman (MoU) menerangkan tujuan bersama dari AEF dan SMAN 3 Yogyakarta. Penandatangan MoU ini memperbaharui catatan kesepahaman yang sudah ditandatangani sebelumnya ketika sekolah pertama kali bergabung dengan program Kemitraan sekolah BRIDGE Australia-Indonesia tahun 2012. Sejak 2008 hingga 2020, AEF telah membentuk 195 kemitraan sekolah BRIDGE Australia-Indonesia.  Program ini adalah kali kedua SMAN 3 Yogyakarta terpilih sejak tahun 2012. Tentunya ini merupakan capaian gemilang dan membanggakan SMAN 3 Yogyakarta mampu menjalin kerjasama internasional (sister school) dengan sekolah di Australia.

Pada tahun 2021, Asia Education Foundation (AEF) membentuk lima kemitraan sekolah baru dan memperkuat 11 kemitraan yang sudah bermitra (exsisting partnership) dengan melibatkan satu orang guru tambahan dari setiap sekolahnya. Kemitraan ini melibatkan 16 sekolah di Australia dan 16 sekolah di 18 provinsi di Indonesia, termasuk SMAN 3 Yogyakarta. SMAN 3 Yogyakarta bermitra dengan sekolah Warrnambool College Australia.

Guru ternominasi Program BRIDGE tahun 2021 dari D I Yogyakarta adalah Noer lndahyati, S.Pd., M.Pd.B.I. merupakan guru Bahasa lnggris dari SMAN 3 Yogyakarta, yang akan melaksanakan Program BRIDGE yang berkelanjutan pada tahun 2022. Kegiatan-kegiatan yang ikuti selama menjadi guru ternominasi Program BRIDGE yaitu PPT (Pre-Program Training) selama 3 hari tanggal 22-24  September 2021 dan PLP ( Profesional Learning Program) selama Oktober dan November 2021 dengan melalui platform Zoom Meeting, terdiri dari 9 sesi (sesi 1 Welcome to BRIDGE, sesi 2 Partner Establisment, sesi 3 Indonesian Cutural Exchange, Sesi 4 Design Sprint, sesi 5 Australian Cultural Exchange, sesi 6 Technology, sesi 5 Building Your Own Virtual Tour -Elective, sesi 8 Project Planning, sesi 9 Exhibition of Learning, kegiatan yang dilaksanakan melalui Zoom meeting langsung dari Kedutaan Australia-Indonesia. Program BRIDGE ini benar benar suatu program yang sangat luar biasa untuk menjadi guru BRIDGE yang profesional.

Semoga jalinan kerjasama internasional ini mampu memberikan warna baru bagi SMAN 3 Yogyakarta, mampu mencetak generasi yang unggul, berbudi pekerti luhur, dan kompetitif di tingkat nasional bahkan internasional.

 

Kontributor: Noer Indahyati, S.Pd. M.Pd.B.I.

Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?