SEKILAS INFO
: - Selasa, 29-09-2020
  • 3 minggu yang lalu / Stadium Generale tanggal 18 September 2020
  • 3 minggu yang lalu / Pekan Peringatan Hari Padmanaba tanggal 19 September 2020
  • 3 minggu yang lalu / Penilaian Akhir Semester Gasal tanggal 30 Nopember – 9 Desember 2020
HELPDESK/PROKTOR SUKSESKAN PENILAIAN AKHIR TAHUN ONLINE
Share artikel ini di media sosial kamu

Dalam rangka penyelenggaraan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis online secara jarak jauh, SMAN 3 Yogyakarta mempersiapkan  pelaksanaannya dari berbagai aspek. Segala upaya dilakukan demi mengantisipasi terjadinya kendala teknis maupun nonteknis. Salah satu upaya tersebut, sekolah mempersiapkan beberapa Guru dan karyawan yang mumpuni dalam penguasaan IT untuk ditugasi menjadi  Tim helpdesk PAT. Tim Helpdesk berperan membantu user atau peserta dalam mengatasi kendala ketika melaksanakan ujian online. Sekolah menyiapkan  tujuh operator helpdesk untuk memantau kelancaran ujian. Masing-masing operator helpdesk memegang dua kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan helpdesk dapat memantau kendala yang dialami siswa dengan fokus dan lebih cepat teratasi.

Helpdesk memiliki peran penting dalam pelaksanaan ujian berbasis online. Beberapa tugasnya antara lain mengendalikan server; membagikan token; memandu peserta mengisikan username dan token; mengisi berita acara, memperbaiki masalah-masalah teknis jaringan, seperti soal atau gambar yang tidak muncul, simbol yang tidak terbaca, me-reset log in peserta, permasalahan jaringan terputus ketika proses pengerjaan soal, dan lain sebagainya. Peserta dapat melaporkan kendala yang dialami kepada helpdesk melalui media WhatsApp.

Persentase kendala teknis paling banyak dialami pada hari pertama. Pada hari-hari berikutnya peserta telah beradaptasi sehingga mampu mengatasi kendala dengan memahami rule dan mekanisme yang perlu dilakukan. Permasalahan insidental yang paling sering dialami yaitu peserta gagal log in sehingga harus segera di-reset helpdesk. Kelancaran dalam penanganan kendala-kendala tersebut merupakan bentuk keterlibatan tim helpdesk dalam melayani dengan responsif, komunikatif, total, dan penuh tanggung jawab. Selain itu, permasalahan ujian online yang terjadi akan menjadi evaluasi untuk ujian-ujian berikutnya.

 

 

Kontributor: Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Editor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Facebook Comments

4 komentar

Reni Herawati, Kamis, 11 Jun 2020

Semoga semua guru,karyawan, dsn siswa sehat. PAT lancar. Salam semangat dan sukses.
Padmanaba makin jaya..

Balas

Ichwan Aryono, Senin, 15 Jun 2020

matur nuwun bu Reni awit doanipun

Balas

Indah, Senin, 15 Jun 2020

Aamiin ..terimakasih bu Reni, semoga bu Reni selalu sehat dan sukses selalu

Balas

Suhirno, Minggu, 21 Jun 2020

Terima kasih doanya untuk kami Bu Reni.
Salam sehat dan sukses selalu untuk Bu Reni.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?