SEKILAS INFO
: - Kamis, 05-08-2021
  • 2 bulan yang lalu / Wisuda Purna Siswa Tahun 2021 rencananya akan dilaksanakan dengan sistem hybrid events atau secara offline dan online sekaligus pada hari Sabtu, 22 Mei 2021.
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan LHB Semester genap pada tanggal 25 Juni 2021
  • 2 bulan yang lalu / Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan pada tanggal 7-16 Juni 2021

Kita tentu saja ingat dengan program literasi yang diadakan beberapa sekolah dan ditanggapi Padmanaba dengan antusiasme yang tinggi, juga menimbulkan pertanyaan di benak kita apakah gerakan tersebut dapat berjalan terus menerus lantaran gerakan ini pun bukan program yang dipantau aktif dengan penuh pengawasan, lebih diserahkan kepada bagaimana sekolah mengadakan gerakan ini pada siswanya. Nah, untuk Padmanaba, para siswa selalu disuguhkan cara-cara untuk membuat program literasi tak sebatas membaca buku dalam lima belas menit sebelum bel dimulai tertanda sejak pukul tujuh. Seperti contohnya minggu lalu saat tiba-tiba saja ada panggung kecil di lapangan tengah. Ternyata, panggung tersebut ada untuk lomba membaca puisi bagi kelas sepuluh dan sebelas, bekerjasama dengan pelajaran Bahasa Indonesia.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya pembacaan puisi diadakan di kelas, sekolah menginisiasi perubahan kecil yang cukup berarti bagi siswa maupun guru Bahasa Indonesia. Pembacaan puisi ini ada dengan sederhana dan tidak macam-macam, mengundang siapa pun yang sedang tak sibuk untuk ikut duduk di tengah lapangan tengah yang teduh. Acara tersebut tak terasa terpaksa sama sekali, apalagi acara yang diadakan oleh sekolah biasanya berat karena terkesan kaku. Namun, tentu saja acara ini berhasil ada dengan ringan kepada para murid dan terasa menyenangkan. Sastra seakan memiliki tempat baru untuk masuk ke dalam hati tiap siswa. Tak sekalipun mereka merasa bosan karena acara ini penuh dengan partisipasi aktif para siswa dan bakat-bakat yang memukau tak hanya siswa, tapi juga para guru yang hadir di antara para siswa. Waktu yang berjalan pun sampai tak terasa mengalir begitu cepat dan akhirnya di penghujung acara, para siswa pun kembali ke kelas masing-masing, berjalan beriringan dengan sumringah.

 

Penulis : Nadia Viola Angesti

Facebook Comments Box

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020

PENGUMUMAN DAFTAR ULANG DARING PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGUMUMAN PPDB JALUR INKLUSI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN 2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?