SEKILAS INFO
: - Selasa, 22-06-2021
  • 1 bulan yang lalu / Wisuda Purna Siswa Tahun 2021 rencananya akan dilaksanakan dengan sistem hybrid events atau secara offline dan online sekaligus pada hari Sabtu, 22 Mei 2021.
  • 1 bulan yang lalu / Penerimaan LHB Semester genap pada tanggal 25 Juni 2021
  • 1 bulan yang lalu / Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan pada tanggal 7-16 Juni 2021
Share artikel ini di media sosial kamu

“Ayo nak belajar, biar kamu tu tambah pintar!” .”Malas bunda, masa dari pagi udah belajar di sekolah sekarang belajar lagi? Ntaran deh!”. Pasti kita sebagai Orang tua pernah mengalami hal seperti diatas, berdebat dengan si kecil hanya karena mengajaknya belajar sekedar mengulang materi yang sudah di berikan di sekolah. Tapi jangan kuatir ada tips gampang untuk mengajak si kecil mau belajar dan membuat suasanya belajar di rumah menjadi menyenangkan. Yuk! Simak tipsnya.

  1. APRESIASI

Sedikit apresiasi seperti memberinya pujian ketika si kecil mau belajar akan membuat si kecil menjadi merasa dihargai dan membuatnya lebih semangat dalam belajar.

  1. DAMPINGI KETIKA BELAJAR

Sesibuk apapun kita, luangkanlah sedikit waktu kita untuk mendampingi anak kita belajar, hal ini akan membuat sang anak merasa diperhatikan dan secara psikologis dapat memacu semangat sang anak untuk mau belajar.

  1. SABAR DAN TIDAK EMOSIONAL

Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar dengan mengajari sang anak dengan sabar dan tidak cepat emosi karena jika kita memarahinya justru akan membuat si kecil semakin malas belajar. Bayangkan saja sudah pelajarannya susah ditambahi dengan bentakan penuh amarah, pasti si kecil akan semakin kapok untuk belajar

  1. BERI SEMANGAT

Si kecil tentu butuh semangat untuk belajar. Beri semangat dengan berbagai contoh semisal “Ayah memiliki teman di desa, dan anaknya juga seumuran kamu, sekolahnya itu jauh, tapi dia tetap semangat sekolah, hayo yang sekolahnya jauh saja semangat, masa kamu tidak?”. Sebisa mungkin hindari kata “jaman ayah kecil dulu kalau tidak belajar bisa dimarahi guru, dimarahi kakek, dan sebagainya” tentu jaman kita dahulu sudah berbeda dengan jaman anak kita sekarang yang tidak mungkin disamakan. Jadi gunakan pemilihan kata yang tepat untuk menyemangati si kecil.

Itu tadi 3 tips mudah agar si kecil mau belajar di rumah. Masih banyak cara lagi agar si kecil betah di rumah dan tidak malas untuk belajar lagi di rumah. Selamat mencoba semoga sukses.

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Informasi Pelaksanaan Wisuda Purna Siswa Tahun 2021

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?