SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 21 Jun 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
1 June 2023

BINCANG ENTREPRENEURSHIP BERSAMA MAS TRIYANTO DALAM PRAMUKA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Thu, 1 June 2023 Dibaca 539x Berita

Pada hari Jumat, tanggal 12 Mei 2023, SMA Negri 3 Yogyakarta melaksanakan kegiatan Bincang Entrepreneurship. Kegatan ini merupakan salah satu agenda dari kegiatan Kepramukaan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kegiatan tersebut bertempat di New Argabagya, Gedung Grha Padmanaba.

Entrepreneurship merupakan sebuah gagasan yang melibatkan kapabilitas individu atau kelompok untuk mengidentifikasi, menciptakan, dan mengelola peluang bisnis. Untuk mendukung hal tersebut, biasanya orang yang bergulat di bidang entrepreneurship memiliki kemampuan untuk melihat peluang di sekitar mereka, mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar, dan menciptakan solusi yang dapat mengatasi permasalahan kebutuhan tersebut. Saat ini, entrepreneurship menjadi pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut menjadi dasar pentingnya mempelajari entrepreneurship.

Entrepreneurship dapat dipelajari sejak dini, bahan sejak masa seseorang masih menempuh sekolah. Dengan mempelajari entrepreneurship, seseorang mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada diri siswa. Mereka diajak untuk berpikir secara kritis, kreatif, dan inovatif untuk mengatasi permasalahan dan mengidentifikasi peluang bisnis. Selain itu, dengan mempelajari entrepreneurship, siswa dapat mendapat pembelajaran praktis dan memperluas wawasan karir. Siswa memiliki kesempatan untuk mengenal lebih dalam terkait bisnis, seperti manajemen, teknologi, dan pemasarannya.

Pada bincang entrepreneurship yang dilakukan siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta dilakukan diskusi terkait entrepreneurship dengan pembicara Mas Triyanto (Alumni sekaligus Ketua KBA Padmanaba saat ini). Pada kesempatan tersebut, siswa diajak berpikir dan introspeksi diri terkait keinginan mereka yang berkaitan dengan bisnis. Mas Triyanto dan siswa berdiskusi terkait ‘mimpi’ atau ‘dream’.

Jika ingin menjadi entrepreneur hebat, Mas Triyanto menyampaikan terdapat beberapa karakter yang harus dimiliki. Karakter-karakter tersebut antara lain tangguh, gigih, berani, kreatif, dan problem solving. Selain itu, dalam menitih karir di entrepreneurship diusahakan untuk menghindari tiga hal yang disebut JEB. JEB merupakan akronim dari Justification (pembenaran), Excuse (alasan), dan Blame (menyalahkan orang lain).

Kegiatan ini memberikan inspirasi dan pengetahuan yang luas untuk siswa-siswi SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam kegiatan Pramuka.

 

Kontributor: Nafisa Khoirun Widiasri, S.Si.

Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?