Meneliti di kalangan siswa SMA adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era Milenial, siswa SMA sekarang diharapkan mampu untuk menjawab semua persoalan dengan data yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya bukan hanya dari pemikiran tanpa data yang jelas. Untuk memperoleh data yang baik dan benar tentunya melalui tahapan-tahapan ilmiah yang sesuai dengan pokok persoalan yang dihadapi.
Siswa SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta yang notabene siswa-siswa cerdas dan kreatif diharapkan memiliki budaya meneliti sejak dini, hal ini akan sangat mempengaruhi pola pikir dan tindakan yang akan diputuskan. SMA Negeri 3 Yogyakarta yang memiliki siswa-siswa unggulan dari awal banyak memiliki program ke arah pengembangan penelitian.
Pengembangan budaya meneliti di Padmanaba tidak bisa terlepas dari beberapa rangkaian program pendukungnya, antara lain sebagai berikut.
LDMI dilaksanakan pada awal semester 2 (bulan Januari) untuk kelas X dan XI, hal ini bertujuan untuk memberikan penguatan dasar-dasar metodologi ilmiah dan penajaman ide-ide awal penelitian. Di era tahun 2006–2010 kegiatan LDMI memiliki pola langsung ke lapangan, siswa diharapkan menemukan ide-ide penelitian dengan melihat obyek langsung di alam. Era 2010–2020 kegiatan LDMI mengalami perubahan pola, dikarenakan situasi dan tuntutan zaman, yakni siswa diberikan materi tentang metodologi ilmiah, penyusunan proposal dan penajaman ide–ide penelitian. Target LDMI adalah terwujudnya proposal penelitian yang akan diikutkan dalam berbagai lomba penelitian baik tingkat provinsi, nasional, dan internasional. Sudah menjadi budaya 4 tahun terakhir SMA Negeri 3 Yogyakarta selalu mengirimkan 200 proposal untuk lomba di tingkat provinsi DIY.
Program Kamis Prestasi ini dilaksanakan untuk pembinaan siswa-siswa hasil seleksi sekolah yang akan diikutkan dalam lomba berjenjang yang diadakan oleh provinsi dan Kemendikbud, antara lain KSN, KOPSI, FIKSI, DEBAT, FLSN, OOSN. Setiap sore hari sepulang sekolah diadakan pembinaan khusus siswa-siswa tersebut untuk mempersiapkan lomba-lomba yang akan diikuti. Siswa dibimbing oleh guru-guru SMA N 3 Yogyakarta dan Alumni.
SE adalah kegiatan yang bertujuan untuk pameran dan latihan presentasi siswa-siswa yang tergabung dalam KOPSI dan FIKSI. SE di sekolah dibuat sedemikan rupa mirip dengan lomba yang diselenggarakan provinsi dan nasional, sehingga siswa sudah terlatih untuk mengikuti lomba tersebut. SE diselenggarakan sebagai syarat siswa naik kelas XII, dan wajib diikuti oleh semua siswa kelas XI.
Pendampingan siswa dalam menyelesaikan sebuah penelitian haruslah rutin dan dilakukan oleh seorang guru dengan senang hati dan kerelaan yang tinggi, dimana setiap saat memantau perkembangan penelitian siswa yang diampunya, serta yang paling penting memberikan solusi cepat dan tepat apabila siswa mengalami kesulitan.
Penelitian siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta, biasanya membutuhkan alat dan bahan yang tidak semuanya ada di sekolah, maka tugas guru pembimbing adalah menjalin kerja sama dengan pihak universitas di sekitar sekolah. Selama ini beberapa universitas yang sudah rutin bekerjabsama dengan SMA Negeri 3 Yogyakarta adalah UGM, UNY, UKDW, dan UAJ Yogyakarta.
Membimbing siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta membutuhkan banyak pengalaman dan pembelajaran seluk beluk penelitian di SMA, untuk itu perlu bergabung dengan Forum Guru Pembimbing Penelitian dan Kewirausahaan Propinsi DIY, hal ini sebagai ajang untuk berdiskusi semua hal tentang penelitian anak SMA
Hal-hal tersebut di atas yang kami rasakan selama kurang lebih 12 tahun mendampingi siswa-siswa Padmanaba, khususnya bidang penelitian (OPSI dan FIKSI) dengan suka dan dukanya dan berbagai prestasi baik tingkat Provinsi, Nasional, dan Internasional. Hal yang paling pokok dalam menjaga budaya meneliti di Padmanaba adalah konsisten mengawal program-program di atas, melaksanakan, serta selalu mengevaluasi.
Semoga budaya meneliti di Padmanaba akan terus berkembang dan lebih maju di tahun-tahun mendatang.
Jaya-jaya Padmanaba.
Didik Purwaka, S.Pd., M.Pd.
Koordinator Prestasi SMA Negeri 3 Yogyakarta 2008-2020
Tinggalkan Komentar