Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) untuk Indonesia tahun 2018 telah diumumkan The Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). Hasil untuk Indonesia secara umum yang perlu diperhatikan adalah kemampuan baca siswa rendah, skor Matematika dan Sains di bawah rata-rata, mengalami tren penurunan kemampuan, persentase capaian masih rendah dan soal pemerataan mutu.
Pembelajaran Biologi di SMA diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan rasa keingintahuan yang besar untuk semua konsep yang ada, apalagi tuntutan di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan input siswa SMP dengan nilai yang cukup tinggi sangat mengharapkan pembelajaran yang menarik dan penuh kreativitas. Dua hal tersebut mengarahkan pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta harus dapat menumbuhkan kreativitas dan sekaligus menjawab tantangan dari hasil PISA, yakni salah satu cara yang bisa dimodifikasi dalam pembelajaran Biologi adalah memasukkan unsur penelitian dan pameran penelitian dalam setiap konsep pembelajaran di kelas.
Ada langkah-langkah yang harus ditempuh siswa dalam pembelajaran Biologi di kelas XI IPA setelah guru memberikan konsep dasar materi. Siswa harus melalui langkah-langkah meliputi:
Langkah-langkah tersebut dilakukan pada jam pelajaran ditambah di luar jam pelajaran di tempat yang sesuai dengan tema penelitian seperti laboratorium Biologi, laboratorium Kimia, laboratorium Fisika, dan beberapa laboratorium universitas di sekitar SMA Negeri 3 Yogyakarta.
Pameran penelitian (Science Expo) biasanya diadakan pada bulan Juli, hari ketiga masa orientasi kelas X di sekitar sekolah dan mengundang orang tua serta siswa SMP di sekitarnya. Hasil dari pendekatan tersebut adalah Nilai Ujian Nasional untuk mata pelajaran Biologi meningkat drastis dan pada Ujian Nasional 2019 terdapat 10 siswa yang mendapat nilai 100 serta medali Emas pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia di Surakarta pada tahun 2019. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Biologi akan lebih memunculkan ide kreatif dan literasi dengan mernggunakan pendekatan penelitian dan pameran.
Kontributor: Didik Purwaka, S.Pd., M.Pd.
Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.
Leave a Comment