SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Saturday, 27 Jul 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
14 June 2020

MEMAHAMI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA MELALUI PENELITIAN DAN PAMERAN

Sun, 14 June 2020 Dibaca 1045x

Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) untuk Indonesia tahun 2018 telah diumumkan The Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). Hasil untuk Indonesia secara umum yang perlu diperhatikan adalah kemampuan baca siswa rendah, skor Matematika dan Sains di bawah rata-rata, mengalami tren penurunan kemampuan, persentase capaian masih rendah dan soal pemerataan mutu.

Pembelajaran Biologi di SMA diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan rasa keingintahuan yang besar untuk semua konsep yang ada, apalagi tuntutan di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan input siswa SMP dengan nilai yang cukup tinggi sangat mengharapkan pembelajaran yang menarik dan penuh kreativitas. Dua hal tersebut mengarahkan pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta harus dapat menumbuhkan kreativitas dan sekaligus menjawab tantangan dari hasil PISA, yakni salah satu cara yang bisa dimodifikasi dalam pembelajaran Biologi adalah memasukkan unsur penelitian dan pameran penelitian dalam setiap konsep pembelajaran di kelas.

Ada langkah-langkah yang harus ditempuh siswa dalam pembelajaran Biologi di kelas XI IPA setelah guru memberikan konsep dasar materi. Siswa harus melalui langkah-langkah meliputi:

  1. membuat kelompok maksimal 3 siswa;
  2. mencari dan men-download jurnal-jurnal penelitian minimnal 3 tahun terakhir;
  3. diskusi untuk menentukan tema yang disepakati semua anggota kelompok;
  4. membuat mindmap dengan tulisan tangan maksimal 1 halaman kertas folio;
  5. membuat proposal penelitian;
  6. pengambilan data penelitian;
  7. pembahasan dan analisis data; dan
  8. pameran penelitian.

Langkah-langkah tersebut dilakukan pada jam pelajaran ditambah di luar jam pelajaran di tempat yang sesuai dengan tema penelitian seperti laboratorium Biologi, laboratorium Kimia, laboratorium Fisika, dan beberapa laboratorium universitas di sekitar SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Pameran penelitian (Science Expo) biasanya diadakan pada bulan Juli, hari ketiga masa orientasi kelas X di sekitar sekolah dan mengundang orang tua serta siswa SMP di sekitarnya. Hasil dari pendekatan tersebut adalah Nilai Ujian Nasional untuk mata pelajaran Biologi meningkat drastis dan pada Ujian Nasional 2019 terdapat 10 siswa yang mendapat nilai 100 serta medali Emas pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia di Surakarta pada tahun 2019. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Biologi akan lebih memunculkan ide kreatif dan literasi dengan mernggunakan pendekatan penelitian dan pameran.

 

Kontributor: Didik Purwaka, S.Pd., M.Pd.

Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?