SEKILAS INFO
: - Selasa, 11-05-2021
  • 5 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 5 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 5 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
Share artikel ini di media sosial kamu

Menjaga kesehatan saat bulan puasa tiba adalah hal yang penting bagi umat seluruh umat muslim. Jika tidak menjaga kesehatan tentunya akan mengganggu jalannya puasa Ramadhan kita, apalagi bagi penderita maag, anemia, dan berbagai penyakit lainnya. Pastinya kita ingin puasa Ramadhan kita berjalan dengan lancar kan? Nah, beberapa hal patut dihindari saat bulan puasa tiba. Contohnya adalah seketika tidur sehabis makan sahur tiba. Lho mengapa? Menurut penelitian, banyak sekali lho bahaya saat kita tidur sehabis makan sahur. Berikut ini adalah beberapa bahaya tidur sehabis makan sahur.

  1. Berat Badan Naik

Puasa bukan berarti akan kurus, mengapa? Karena jika menjalani pola hidup dan pola makan yang tidak sehat kemungkinan untuk berat badan naik sangat besar. Apalagi jika kita tidur sehabis makan sahur. Terutama jika makan sahur penuh dengan lemak. Tubuh akan lebih mudah menyimpan lemak ketika kita sedang tidur. Sehingga kemungkinan berat badan naik sangatlah besar.

 

  1. Naiknya Asam Lambung

Saat perut penuh sebaiknya jangan langsung tidur dahulu. Akibatnya jika langsung tidur perut akan lebih keras dalam bekerja dan menyebabkan asam lambung naik. Hal ini bisa menyebabkan penyakit maag. Selain itu juga dapat menyebabkan tenggorokan dan dada terasa panas, perut mual, dan serasa ingin muntah. Sebaiknya tunggu dulu hingga 30 menit hingga 1 jam sebelum ingin tidur. Manfaatkan waktu ini untuk sholat subuh erlebih dahulu. Sehingga juga tidak lupa ntuk melaksanakan ibadah.

 

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakin yang banyak ditakuti tidak hanya untuk orang yang sudah dewasa saja, anak muda juga patut mewaspadai penyakit ini. Menurut penelitian tidur setelah makan dapat menyebabkan stroke. Sehingga patutnya untuk menghindari tidur setelah makan, terutama saat bulan puasa ini.

 

  1. Kerja Organ Dalam Tubuh yang Lebih Berat

Selain lambung, juga ada liver yang akan bekerja lebih berat jika tidur sehabis makan sahur. Saat kita tertidur setelah makan, derajat keasaman tubuh kita akan naik. Hal ini menyebabkan timbulnya asam nitrit yang berbahaya bagi liver. Pasalnya asam nitrit akan membuat liver bekerja lebih keras dan berat. Maka dari itu kurangilah tidur setelah makan di bulan puasa ini.

Betapa mengerikannya bahaya dari tidur sehabis makan sahur ini. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya tidur sehabis makan. Tentunya hal ini dapat dijadikan referensi agar tetap menjaga pola hidup dan pola makan terutama disaat bulan puasa tiba. Tidak ingin puasa terganggu kan? Maka dari itu kurangi tidur sehabis makan, gunakan waktu untuk hal yang lebih baik lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa!

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?