SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 21 Jun 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
26 June 2016

Bahaya Tidur Sehabis Makan Sahur

Sun, 26 June 2016 Dibaca 230x Tak Berkategori

Menjaga kesehatan saat bulan puasa tiba adalah hal yang penting bagi umat seluruh umat muslim. Jika tidak menjaga kesehatan tentunya akan mengganggu jalannya puasa Ramadhan kita, apalagi bagi penderita maag, anemia, dan berbagai penyakit lainnya. Pastinya kita ingin puasa Ramadhan kita berjalan dengan lancar kan? Nah, beberapa hal patut dihindari saat bulan puasa tiba. Contohnya adalah seketika tidur sehabis makan sahur tiba. Lho mengapa? Menurut penelitian, banyak sekali lho bahaya saat kita tidur sehabis makan sahur. Berikut ini adalah beberapa bahaya tidur sehabis makan sahur.

  1. Berat Badan Naik

Puasa bukan berarti akan kurus, mengapa? Karena jika menjalani pola hidup dan pola makan yang tidak sehat kemungkinan untuk berat badan naik sangat besar. Apalagi jika kita tidur sehabis makan sahur. Terutama jika makan sahur penuh dengan lemak. Tubuh akan lebih mudah menyimpan lemak ketika kita sedang tidur. Sehingga kemungkinan berat badan naik sangatlah besar.

 

  1. Naiknya Asam Lambung

Saat perut penuh sebaiknya jangan langsung tidur dahulu. Akibatnya jika langsung tidur perut akan lebih keras dalam bekerja dan menyebabkan asam lambung naik. Hal ini bisa menyebabkan penyakit maag. Selain itu juga dapat menyebabkan tenggorokan dan dada terasa panas, perut mual, dan serasa ingin muntah. Sebaiknya tunggu dulu hingga 30 menit hingga 1 jam sebelum ingin tidur. Manfaatkan waktu ini untuk sholat subuh erlebih dahulu. Sehingga juga tidak lupa ntuk melaksanakan ibadah.

 

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakin yang banyak ditakuti tidak hanya untuk orang yang sudah dewasa saja, anak muda juga patut mewaspadai penyakit ini. Menurut penelitian tidur setelah makan dapat menyebabkan stroke. Sehingga patutnya untuk menghindari tidur setelah makan, terutama saat bulan puasa ini.

 

  1. Kerja Organ Dalam Tubuh yang Lebih Berat

Selain lambung, juga ada liver yang akan bekerja lebih berat jika tidur sehabis makan sahur. Saat kita tertidur setelah makan, derajat keasaman tubuh kita akan naik. Hal ini menyebabkan timbulnya asam nitrit yang berbahaya bagi liver. Pasalnya asam nitrit akan membuat liver bekerja lebih keras dan berat. Maka dari itu kurangilah tidur setelah makan di bulan puasa ini.

Betapa mengerikannya bahaya dari tidur sehabis makan sahur ini. Sebenarnya masih banyak lagi bahaya tidur sehabis makan. Tentunya hal ini dapat dijadikan referensi agar tetap menjaga pola hidup dan pola makan terutama disaat bulan puasa tiba. Tidak ingin puasa terganggu kan? Maka dari itu kurangi tidur sehabis makan, gunakan waktu untuk hal yang lebih baik lainnya. Selamat menjalankan ibadah puasa!

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?