SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Saturday, 27 Jul 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
20 September 2019

Asyiknya Belajar Budaya menggunakan Aplikasi berbasis Mobile

Fri, 20 September 2019 Dibaca 575x Tak Berkategori

Bryan Amirul Husna kls XII IPA 3 Padmanaba 75 berhasil masuk 10 besar finalis kategori pelajar dari 107 peserta Lomba Aplikasi Mobile dengan tema Sosial Budaya yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud di Pandanaran dari tanggal 17-19 September 2019.

Acara Grand Final ini dibuka oleh Ibu Fajriah S.Pd. selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP di kota Semarang pada tanggal 17 September pukul 16.00 , kemudian dilanjutkan dengan acara Selayang Pandang Rumah Belajar dengan pembicara Bapak Fahrudin selaku Duta Rumah Belajar Jawa Tengah.Beliau memberikan motivasi untuk para finalis menggunakan layanan Rumah Belajar dengan maksimal guna membantu proses pembelajaran, lalu keesokan harinya para finalis mempresentasikan hasil karya dengan waktu 30 menit disertai dengan tanya jawab dari dewan juri.Bryan mengambil materi “Tingkat Tutur Bahasa Jawa” dalam pembuatan aplikasi tersebut. Alasan bryan mengambil materi tersebut untuk memudahkan masyarakat yang ingin belajar Kosa Kata Jawa juga tingkat tutur bahasa Jawa untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Aplikasi yang dibuat oleh bryan ada 4 fitur yaitu kartu harian untuk menghafal kosa kata, fitur belajar yang berisi materi ngoko dan krama beserta rumus dan contohnya, fitur pencarian kata, fitur quis untuk melatih kemampuan. Aplikasi ini bisa didownload di link bit.ly/golek_2019 atau di website resmi BPMPK : m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Selain dari Yogyakarta finalis yang lain berasal dari Malang, Jakarta, Solo, Bandung, Pekalongan, Bengkulu, Sumatra, Jawa Timur. Berbagai karya yang juga luar biasa ditorehkan oleh para finalis yang lain sehingga bisa menginspirasi untuk media pembelajaran. Bapak Toni Setiawan, M.Si. selaku Kepala Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan juga memberikan catatan bahwa karya yang telah dibuat sebelum dikirim harus dicoba ke berbagai device, dicoba ke user yang sesungguhnya, harus kuat korelasinya antara indikator, materi, quis dan juga mengedepankan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Semoga bisa menginspirasi siswa siswi yang lain. Salam Budaya.

 

 

Kontributor : Kinanti Kusumaningrum, S.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?