SEKILAS INFO
: - Minggu, 07-03-2021
  • 2 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 2 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
Share artikel ini di media sosial kamu

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Tidur pun juga memerlukan kualitas yang baik agar kesehatan tubuh tercapai. Saat tertidur, selain untuk mengembalikan energi menjadi lebih bugar, kita pun memberikan kesempatan kepada organ – organ tubuh kita untuk beristirahat. Nah, beberapa hal yang biasa kita lakukan sebelum tidur salah satunya mungkin dapat mengganggu kualitas tidur kita lho, akibatnya bisa menjadi susah tidur atau bangun pagi dengan keadaan badan yang tidak bugar, pegal – pegal, dan lain sebagainya.

Membuka Smarphone

Siapa sih yang tidak membuka smartphone sebelum tidur? Tentu mayoritas dari kita akan membuka smarphone dahulu sebelum tertidur, membuka whatsapp, line, instagram, dan lain sebagainya. Namun sebuah studi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu faktor rendahnya kualitas tidur seseorang. Cahaya dari smartphone pun dapat membuat mata lelah, pusing, bahkan hingga mual – mual. Apalagi jika menggunakan smartphone dalam kamar yang gelap.

Makan Berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak dapat membuat perut tidak nyaman sehingga tidur pun dapat terganggu. Apalagi jika mengonsumsi makanan persis sebelum tidur, selain dapat terkena maag, juka membuat kepala pusing dan perut kembung. Alangkah baiknya jika kita mengonsumsi makanan dua jam sebelum tidur dan mengonsumsi makanan karbohidrat rendah. Sehingga perut kita dapat mencernanya dengan baik dan dapat bangun pagi dengan keadaan perut yang nyaman.

Mengonsumsi Teh dan Kopi

Teh dan kopi merupakan bahan makanan yang mengandung kafein. Kafein ini dapat mengganggu tidur kita yang berkualitas, karena merupakan stimulan yang dapat mencegah kita untuk tertidur. Jika memang ingin memiliki tidur yang berkualitas, hindarilah minum kopi dan teh sebelum kitta tertidur. Untuk menyeduh teh, kita dapat mengurangi kadar kafeinnya dengan mencelupkan kantong teh pada air panas, minumlah teh pada seduhan kedua.

Lampu Menyala

Lampu menyala dapat menggaggu tidur, menurunan kualitas tidur, dan membuat mata lelah. Lampu menyala juga dapat memperbesar potensi terbangun pada malam hari, juga dapat menyebabkan insomnia. Hal inilah yang dapat menurunkan kualitas tidur,  sehingga alangkah baiknya jika mematikan lampu dahulu sebelum tertidur.

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?