Info SMA N 3 Yogyakarta
Jumat, 24 Sep 2021
  • Selamat datang di website resmi SMA N 3 "Padmanaba" Yogyakarta School of Leadership

Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Siswa SMAN 3 Yogyakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita

SMAN 3 Yogyakarta menyelenggarakan program vaksinasi dosis kedua untuk siswa SMAN 3 Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan untuk ikut serta menyukseskan Jogja Merdeka Vaksin yang dicetuskan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Program vaksinasi dosis kedua dilaksanakan hari Rabu, 18 Agustus 2021 pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. Kegiatan berjalan lancar tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tujuannya untuk mencapai kekebalan komunal siswa di SMAN 3 Yogyakarta. Program vaksinasi dosis kedua untuk siswa ini bekerja sama dengan RS DKT dr. Soetarto Yogyakarta.

Data peserta vaksinasi dosis kedua diikuti oleh 349 siswa yang terdiri dari siswa kelas X sebanyak 138 siswa, siswa kelas XI sebanyak 92 siswa, dan siswa kelas XII sebanyak 119 siswa. Selain siswa, terdapat peserta tambahan berjumlah 31 orang. Jumlah keseluruhan peserta vaksinansi adalah 380 peserta. Beberapa siswa tidak mengikuti vaksinasi di SMAN 3 Yogyakarta dikarenakan telah mengikuti program vaksinasi di tempat lain, sedang dalam masa isolasi mandiri, atau belum memenuhi masa tunggu 90 hari setelah dinyatakan positif.

Sebelum kegiatan vaksinasi dilaksanakan, tim satgas Covid-19 dan tim pelaksanaan program vaksinasi telah berkoordinasi mempersiapkan alur, tempat, dan fasilitas vaksinasi. Alur pelaksanaan masih sama dengan vaksinasi dosis pertama. Tahapan alur pelaksanaan diawali dengan pengambilan nomor antrean dan mengisi formulir, kemudian siswa diperiksa suhu dan menggunakan handsanitizer. Setelah itu siswa menuju ke ruang registrasi data dengan menunjukkan identitas diri KTP atau KK. Selanjutnya siswa menjalani penapisan (skrining) awal untuk mengecek riwayat kesehatan peserta vaksinasi dan dilakukan pengukuran tekanan darah. Setelah siswa lolos dari penapisan, siswa diarahkan untuk menuju meja vaksinasi dan menerima suntikan vaksin Sinovac. Siswa yang telah menerima vaksin menuju ke ruang observasi dan menunggu selama 15 sampai 30 menit guna mengetahui reaksi setelah diberikan vaksin dan memantau kemungkinan terjadinya KIPI (Kejadian Ikutan Pascaimunisasi) pada siswa.

Penyelenggaraan program vaksinasi dosis kedua ini menuntaskan rangkaian vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh SMAN 3 Yogyakarta. Pihak sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak RS DKT dr. Soetarto Yogyakarta yang telah bekerja sama dengan SMAN 3 Yogyakarta dalam program vaksinasi ini.

Vaksin menunjukkan efektivitas tinggi dalam melindungi penerimanya dari kejadian sakit berat akibat Covid-19. Akan tetapi, orang yang sudah divaksin masih mungkin menularkan Covid-19, meskipun tanpa gejala. Sebab itulah, kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan demi diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Hindari kerumunan, jaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan selalu kenakan masker ketika berada di luar rumah. Tetap waspada, kendalikan virus, selamatkan banyak nyawa.

 

Kontributor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?