SEKILAS INFO
: - Selasa, 11-08-2020
  • 1 bulan yang lalu / Pemilihan mata pelajaran lintas minat dan pilihan mata pelajaran seni budaya dilakukan dengan mendaftar secara online pada hari Selasa, 07 Juli 2020 mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan hari Rabu, 08 Juli 2020 pukul 08.30 WIB dengan mengakses laman  https://lintasminat.sma3jogja.sch.id
  • 1 bulan yang lalu / Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Dilaksanakan hari Jumat, 10 Juli 2020; Senin, 13 Juli 2020 s.d. Rabu 15 Juli 2020. Informasi lebih lanjut kunjungi laman https://sma3jogja.sch.id/siswabaru/
SMAN 3 Yogyakarta Hadirkan Studio Mini Swalayan untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh
Share artikel ini di media sosial kamu

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring bagi para siswa maupun guru, SMAN 3 Yogyakarta berinovasi membuat studio mini dengan konsep swalayan.

Studio mini yang dilengkapi dengan tiga kamera, audio hingga lighting ini digunakan untuk menunjang aktivitas guru selama mengajar.

Kemudian aktivitas guru selama menerangkan materi tersebut direkam menjadi sebuah video dan diberikan kepada siswa.

Ichwan Aryono selaku Penggagas Studio Mini Swalayan yang juga Guru Fisika SMAN 3 Yogyakarta mengungkapkan, kehadiran studio mini swalayan ini untuk menjawab permintaan para siswa yang merindukan momen ketika guru mengajar di papan tulis.

“Anak-anak itu kan banyak yang kangen kalau gurunya ngajarnya menggunakan papan tulis sebagai medianya. Terutama untuk mata pelajaran IPA seperti Fisika, Kimia, Bologi, Matematika apalagi kalau mengajarnya mereka hanya membaca buku, mereka agak kesulitan di materi tertentu, sehingga kita pakai papan tulis ini seperti ketika mereka menyaksikan gurunya mengajar di kelas,” ujarnya kepada Tribunjogja.com

Studio mini ini dirancang agar bisa mengkombinasikan untuk tayangan papan tulis, menampilkan presentasi power point dan juga bisa menampilkan demonstrasi praktikum jika ada alat peraga yang harus ditunjukkan kepada siswa.

Ichwan menjelaskan studio mini yang ada di SMAN 3 Yogyakarta ini mengadopsi konsep swalayan, sehingga guru bisa mengkombinasikan maupun memindahkan kamera secara mandiri.

Cukup dengan menekan tombol yang ada keyboard, kamera akan berpindah dari berbagai sisi sesuai keinginan guru.

“Bisa pindah ke kamera satu, kamera dua, kamera tiga, jadi tidak perlu banyak memerlukan operator. Paling operator hanya awal saja saat menyalakan peralatannya,” kata dia.

Melalui konsep swalayan, guru dapat mengkreasikan sendiri pengambilan gambarnya tanpa memerlukan panduan operator.

“Kamera mana yang harus dinyalakan kan itu gurunya bisa menjalankan sendiri. Ketika akan memindahkan kamera cukup kita menekan tombol yang sudah ditentukan itu kita bisa pindah kamera, bahkan nanti ketika kita harus melakukan suatu persiapan kecil lagi kita pause dulu kemudian kita persiapkan baru kita on kan lagi itu bisa dilakukan oleh gurunya sendiri,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, karena pengambilan video tersebut sifatnya rekaman, sehingga ketika proses pengambilan gambar tersebut ada hal yang perlu diperbaiki, maka masih bisa diperbaiki.

Sehingga nantinya, tampilan video yang akan diunggah ke YouTube maupun yang akan diberikan ke siswa sudah dalam tayangan yang benar.

Selama ini, kata dia, pembelajaran jarak jauh di SMAN 3 Yogyakarta menggunakan google meet maupun google classroom.

Kendalanya menggunakan google yakni membutuhkan kuota banyak, selain anak-anak yang tertinggal itu juga ketinggalan materi.

“Platformnya tetap google classroom hanya di dalam google classroom itu ada sisipan itu menggunakan video ini. Videonya kita upload di YouTube kemudian alamatnya kita masukkan ke google classroom,” jelas dia.

Ichwan mengungkapkan nantinya para guru SMAN 3 Yogyakarta akan diberikan pelatihan khusus dan juga tutorial bagaimana mengoperasikan studio mini swalayan ini.

Rencananya pihak sekolah akan membuat tiga studio mini swalayan, namun saat ini baru dibuat satu studio mini sambil dilakukan uji coba.

“Sementara ini baru satu dulu untuk uji coba, kemudian kalau ada evaluasinya kurang apa misalnya kemarin kita evaluasi kameranya harus kekuatannya sama misalnya pakai handycam, maka tiga-tiganya harus yang handycam semua. Tapi sudah bisa dipakai ini,” tuturnya.

Kehadiran studio mini swalayan ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada siswa di bidang akademik sehingga siswa menjadi lebih nyaman ketika melihat gurunya mengajar seperti di kelas. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul SMAN 3 Yogyakarta Hadirkan Studio Mini Swalayan untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, https://jogja.tribunnews.com/2020/07/10/sman-3-yogyakarta-hadirkan-studio-mini-swalayan-untuk-mendukung-kegiatan-pembelajaran-jarak-jauh.
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Muhammad Fatoni

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?