SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Tuesday, 16 Jul 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
7 January 2017

Penyakit Berbahaya Bagi Penderita Obesitas

Sat, 7 January 2017 Dibaca 342x Tak Berkategori

Kasus obesitas semakin banyak terjadi di negara – negara di dunia salah satunya adalah Indonesia. Tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami bahkan usia dini pun sudah dapat menderita obesitas. Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan di dalam tubuh sehingga membuat berat badan di luar batas ideal. Banyak penyebab dari obesitas yaitu jenis makanan yang dimakan, kurangnya olah raga, kebiasaan gaya hidup yang tidak baik, juga diduga penyebab genetika. Obesitas pun dapat membawa berbagai macam penyakit bahkan dapat membahayakan nyawa. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

Penyakit Jantung

Obesitas sangat dikaitkan dengan penyebab sakit jantung. Lemak yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah menutupi aliran darah. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung atau yang sering disebut dengan jantung koroner.

Osteoartritis

Osteoartritis atau disebut dengan peradangan sendi merupakan salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh obesitas. Lemak yang tertimbun dalam tubuh menyebabkan tubuh semakin terbebani, sehingga cairan sendi berkurang dan dapat menyebabkan nyeri saat gesekan timbul.

Gangguan Saluran Napas

Lemak berlebihan yang tertimbun di sekitar paru – paru dapat membuat seseorang kesulitan bernapas. Kesulitan bernapas ini sangat terasa ketika sedang tidur. Efek dari penekanan lemak di sekitar paru – paru diantaranya adalah mengorok yang dapat berlanjut menjadi berhenti bernapas secara tiba – tiba.

Diabetes

Penyakit yang terkenal ini juga dapat disebabkan oleh obesitas. Penyebabnya adalah daya kerja pankreas sebagai penghasil insulin terganggu karena kadar lemak darah yang tinggi sehingga kerja pankreas tidak maksimal. Namun kedua hal ini sangat bisa untuk dicegah dengan cara makan makanan sehat yang seimbang dan berolah raga secara teratur.

Masih banyak penyakit yang ditimbulkan oleh obesitas diantaranya adalah stroke, hipertensi, kolesterol tinggi, bahkan kanker. Namun obesitas ini sangat dapat dicegah tentunya dengan kemauan kuat untuk memperbaiki pola hidup. Mulailah makan makanan yang sehat yang seimbang, jauhi makanan yang mengandung lemak jahat dan kolesterol yang tinggi. Olah raga yang teratur juga salah satu opsi terbaik. Selain itu jauhilah rokok dan minuman keras.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments Box

Tulisan Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
July 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?