SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Saturday, 03 Dec 2022
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
23 November 2022

PADMANABA: SEKOLAH PASCH BERINTEGRITAS BELAJAR BERSAMA PENUTUR ASLI BAHASA JERMAN

Wednesday, 23 November 2022 Kategori : Berita

SMA Negeri 3 Yogyakarta menjadi sekolah Pasch sejak tahun 2010. Pasch atau Partner Schule adalah sekolah mitra masa depan yang bekerja sama dengan Goethe-Institut, yaitu lembaga kebudayaan Republik Federal Jerman yang aktif di seluruh dunia dan menangani pembinaan bahasa Jerman di luar negeri dan menjadi salah satu institusi yang melaksanakan program “Schulen: Partner der Zukunft (PASCH)” atau yang dikenal di Indonesia sebagai Proyek Sekolah: Mitra Menuju Masa Depan. Proyek ini menjadi jembatan untuk menghubungkan sekolah dengan jejaring internasional melalui Bahasa Jerman.

Kemampuan berbahasa Jerman bukan saja memungkinkan komunikasi dengan banyak orang yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa ibu atau bahasa asing, tetapi juga menjadi landasan untuk menempuh kuliah di Jerman dan meraih peluang kerja yang terkait. Karena itu, Goethe Institut memberikan upaya pembinaan ekstra melalui salah satu program bernama Schulwärt. Schulwärt adalah kegiatan magang di sekolah di Indonesia untuk mahasiswa keguruan, calon guru atau guru dengan durasi praktikum dua hingga empat bulan pada sekolah mitra Goethe-Institut di Indonesia. Kali ini SMA Negeri 3 Yogyakarta kedatangan guru tamu dari Jerman melalui program Schulwärt.

Franziska Schweitzer adalah guru tamu dari Jerman yang berperan membantu pembelajaran secara aktif di SMA Negeri 3 Yogyakarta selama 2 bulan. Ia juga terlibat dalam berbagai agenda sekolah seperti Science Film Festival, Outdoor Study, dan ekskul Deutschclub. Ia memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap budaya Indonesia. Hal ini terbukti dengan antusiasmenya dalam mengikuti kelas tari, kelas gamelan, dan kelas membatik di SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Dengan adanya guru tamu langsung dari Jerman dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman para siswa, memperkuat kompetensi antarbudaya, dan mendapatkan pengalaman langsung tentang budaya dan pendidikan di Jerman. Tentunya hal ini akan menjadi motivasi lebih bagi para siswa untuk meningkatkan kompetisi secara global dan terus meningkatkan kemauan belajar Bahasa Jerman yang bermanfaat terutama dalam dunia pendidikan lanjutan maupun dunia kerja di masa yang akan datang.

 

Kontributor: Susiani, S.Pd.

Editor: Viera Budyariesqa, M.Pd.

Facebook Comments Box

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Berikut ini kami sampaikan Pengumuman Resmi tentang..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Berikut ini secara resmi kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri..

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?