SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 2 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 2 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
Share artikel ini di media sosial kamu

Tim pramukanya SMA Negeri 3 Yogyakarta, Ambalan Yos Sudarso – Kartini, tengah menjalani PDT (Pengembaraan Desember Tradisional). PDT ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Yogyakarta dengan peserta penegak – penegak (Pramuka SMA) seluruh SMA di Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. PDT #11 kali ini merupakan lustrum yang ke – 9.

Sebelum pengembaraan, Pra – PDT sudah dilalui tim Ambalan Yos Sudarso – Kartini. Pra – PDT ini diselenggarakan pada Minggu (11/12) yang lalu. Di pra – PDT ini terdapat berbagai macam kegiatan perlombaan diantaranya yaitu keterampilan kepramukaan yang meliputi komunikasi lapangan, survival, ilmu medan peta dan kompas, pertolongan pertama, dan single rope technique, selain itu juga ada lomba baris – berbaris.

Setelah pra – PDT, terdapat pengembaraan. Pengembaraan kali ini diadakan pada Senin (19/11) hingga Jumat (23/11) minggu depan. Pada pengembaraan kali ini menggunakan rute Nyi Ageng Serang yaitu dimulai di Korem 072/PMK – Kasihan – Gamping – Godean – Moyudan – Seyegan – Minggir – Kalibawang – Samigaluh – Girimulyo – Nanggulan – Pengasih – Sentolo – Sedayu – Pajangan – Kasihan – Mantrijeron – Kraton – Pakualaman – Balaikota Yogyakarta. Dalam pengembaraan ini tidak hanya berjalan di rute saja, namun juga ada perlombaan yaitu cerdas cermat, festival kesenian rakyat, video dokumenter, writting travel competition, dan juga master chef atau lomba memasak.

Pengembaraan ini sistemnya adalah target perhari, maksudnya adalah setiap satu hari diharuskan untuk sampai dalam satu daerah lalu bermalam disitu. Dalam pengembaraan ini pun perlombaannya bersistem setiap sangga, berbeda dengan saat pra – PDT yang setiap sekolah. Saat pengembaraan tiba di Balaikota Yogyakarta hasil dari seluruh lomba diumumkan baik saat pra – PDT maupun pengembaraan. Terdapat juga juara yang diperebutkan yaitu Sangga Utama yaitu sangga dengan nilai tertinggi, Sangga Pengembara, dan Sangga Favorit yang dipilih melalui voting peserta.

Persiapan untuk mengahadapi PDT ini pun cukup lama dan matang. Dibimbing dan dibantu oleh beberapa alumni SMA Negeri 3 Yogyakarta yang dulunya juga merupakan anggota Ambalan yaitu Mas Alim angkatan 65, Mas Kepik angkatan 67, Mas Revi angkatan 62, dan Mbak Tias angkatan 66. Sukses untuk pengembaraannya Ambalan Yos Sudarso – Kartini!

 

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?