SEKILAS INFO
: - Selasa, 11-05-2021
  • 5 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 5 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 5 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
Share artikel ini di media sosial kamu

Telah datangnya bulan Ramadhan tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan. Apalagi untuk urusan si kecil yang sudah harus belajar berpuasa. Padahal jika nanti si kecil ini rewel, tentunya bukan perkara yang mudah. Dalam hadist juga disebutkan bahwa,

“Perintahkan anak – anak kalian shalat pada umur 7 tahun, dan pukullah (jika menolak) pada umur sepuluh tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.” [HR. Ahmad dan Abu Dawud]

Tentu ini sama dengan puasa, yang mana  sudah mencapai baligh maka anak itu sudah diwajibkan untuk berpuasa. Untuk itu bagi yang belum wajib untuk berpuasa pastinya harus sudah dilatih sejak dini agar sudah terbiasa dan tidak kaget dengan keadaan di bulan yang suci ini. Berikut adalah tips dan cara agar si kecil tidak rewel saat berpuasa Ramadhan:

  1. Siapkan makanan sahur yang bergizi (4 sehat 5 sempurna) agar gizi si kecil tetap tercukupi saat berpuasa.
  2. Sesuaikan dengan kondisi si kecil, jangan memaksakan untuk berpuasa sampai waktu buka tiba jika memang si kecil tidak kuat. Buat saja aturan jam seperti halnya yang sering kita dengar yaitu puasa bedhug atau puasa setengah hari.
  3. Siapkan mainan atau sesuatu yang bisa membuat perhatian si kecil teralihkan dan tidak rewel saat berpuasa.
  4. Beri reward atas usaha berpuasa si kecil. Jika memang setengah hari, juga tak lupa beri pujian atau janjikan suatu hadiah jika si kecil mampu melaksanakan puasa sampai waktunya buka tiba.
  5. Memberitau si kecil bahwa Allah dan Rasulullah menyukai anak yang mampu berpuasa sehingga si kecil pun dapat termotivasi untuk melakukannya.
  6. Adakan buka puasa bersama sekeluarga atau teman – teman si kecil agar tetap semangat saat menjalani puasa esok harinya.
  7. Tentunya yang terakhir, siapkan menu buka puasa yang ia sukai atau sesuatu yang menarik dan tentunya bergizi agar si kecil bersemangat untuk berpuasa.

Sedikit ini adalah tips dan cara untuk melatih si kecil berpuasa. Selalu diingat bahwa anak kecil belum wajib berpuasa, sehingga tidak memaksakan si kecil untuk berpuasa penuh. Alangkah baiknya untuk mengajarkan dan memberi pengertian akan nikmatnya berpuasa di bulan Ramadhan sejak dini.

 

Penulis: Amalia Permata Insani

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?