SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Senin, 16 Mei 2022
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
7 Maret 2022

PADZCLEAN: Program Kerja OSIS Bidang V Sub Bidang Adiwiyata

Senin, 7 Maret 2022 Kategori : Kolom Siswa

Sampah merupakan penyebab utama pencemaran lingkungan. Dalam penggolongannya sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Padzclean adalah kegiatan siswa membuang sampah dengan memisahkan sampah organik dan sampah anorganik di sekitar rumah. Kegiatan ini juga dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi Covid-19 yang membuat siswa memiliki lebih banyak waktu di rumah daripada di sekolah. Dengan adanya program kerja Padzclean diharapkan dapat mengedukasi dan mengajak siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan Padzclean merupakan program kerja Adiwiyata Club SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 14 Februari 2022 – Kamis 17 Februari 2022. Pelaksanaannya  dilakukan dengan konsep yang mudah. Siswa diminta mengisi google form yang telah disediakan untuk mengisi data diri, nama, dan jenis sampah yang dibuang, lalu memberi bukti berupa foto atau video saat melakukan pembuangan sampah. Siswa harus mengirimkan bukti berupa foto, masing-masing satu foto saat membuang sampah organik dan satu foto saat membuang sampah anorganik di sekitar rumah dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan, yaitu dalam jangka waktu empat hari. Tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu foto-foto yang sudah terkumpul akan disortir dan dipublikasikan untuk konten instagram Adiwiyata.

Pada hari pertama, panitia dari Adiwiyata Club menjelaskan tentang kegiatan serta regulasi di grup angkatan dan grup kelas sesuai pembagian penanggung jawab kelas masing-masing.  Siswa dapat mengisi google form untuk mengerjakan tugas yang diberikan yaitu, mengumpulkan bukti pengerjaan di google form berupa foto saat membuang sampah organik dan sampah anorganik di rumah.

Pada hari kedua dan hari ketiga, panitia dari Adiwiyata Club mengecek dan menunggu seluruh siswa mengisi google form. Tidak lupa penanggung jawab kelas masing-masing selalu mengingatkan deadline pengumpulan dan mencatat nama siswa yang sudah mengerjakan tugas Padzclean.

Hari terakhir merupakan deadline pengumpulan foto dan pengisian google form. Penanggung jawab kelas mengingatkan teman sekelasnya untuk segera mengumpulkan foto. Setelah google form ditutup, panitia memilih sepuluh foto terbaik untuk dipublikasikan di instagram Adiwiyata, yaitu lima foto dari sampah anorganik dan lima foto lagi dari sampah organik. Sebelum dipublikasikan ke instagram, tim Multimedia Adiwiyata membuat desain dan konsep postingan agar lebih menarik.

Kini kegiatan Padzclean telah terlaksana dengan baik sesuai mekanisme dan ketentuan yang telah direncanakan sebelumnya. Terdapat sedikit kendala yang terjadi yang melibatkan beberapa partisipan, tetapi kendala ini dapat teratasi dengan baik serta cepat terselesaikan berkat kesolidan tim.

                   

 

Kontributor: Sabrina Aliya Putri Susanto (Padz 78)

Editor: Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Facebook Comments Box

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Berikut ini kami sampaikan Pengumuman Resmi tentang..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Berikut ini secara resmi kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri..

MAP SEKOLAH

Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?