SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 4 bulan yang lalu / Try Out UTBK dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2020 mulai pukul 07.30 Wib.
  • 4 bulan yang lalu / Penerimaan LHBS semester 1 tanggal 18 Desember 2020
  • 4 bulan yang lalu / Pelaksanaan Psikotest Kelas XII dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 mulai pukul 08.00-11.30Wib.
LDMI 2021: Semangat Baru Research Padmanaba
Share artikel ini di media sosial kamu

Latihan Dasar Metodologi Ilmiah (LDMI) merupakan suatu kegiatan wajib bagi siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta khususnya kelas X dan XI. Biasanya, LDMI dilaksanakan pada awal semester genap atau di bulan Januari. Akan tetapi, karena adanya penyesuaian di masa pandemi, maka LDMI tahun ini diselenggarakan secara daring pada hari Senin-Rabu, tanggal 1-3 Maret 2021.

LDMI bertujuan untuk memberikan penguatan dasar-dasar metodologi ilmiah dan mempertajam ide-ide awal penelitian. Target dari kegiatan ini adalah proposal-proposal penelitian yang disusun secara langsung oleh siswa di bawah bimbingan Bapak/Ibu guru pendamping untuk diikutkan dalam berbagai jenis lomba di bidang karya ilmiah atau penelitian, baik tingkat provinsi, regional, nasional, maupun internasional.

Berlangsung selama tiga hari, LDMI 2021 telah berjalan dengan tertib dan lancar. Kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta, Bapak Kusworo, S.Pd., M.Hum. dalam sambutannya menegaskan bahwa budaya meneliti di Padmanaba telah berkembang sejak lama dan kedepannya diharapkan semakin membawa kemajuan bagi sekolah tercinta. Sementara itu, Bapak Drs. Suhirno, M.B.A selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan sekaligus sebagai koordinator juga memberikan arahan dan motivasi bagi peserta LDMI serta apresiasi kepada panitia dan guru pendamping yang turut menyukseskan kegiatan ini.

Mengundang narasumber yang ahli di bidang penelitian, kegiatan diskusi tentang isu-isu aktual yang relevan dalam penelitian menjadi cukup menarik. Bapak Didik Purwaka, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing Tim Research Padmanaba memberikan penjelasan secara detail tentang berbagai macam perlombaan yang dapat diikuti oleh siswa sebagai tindak lanjut dari mengikuti kegiatan LDMI ini. Dua narasumber yang lain, yaitu Bapak Dr. Pujianto dan Bapak Izra Berakon, M.Sc. masing-masing menyampaikan materi metodologi penelitian di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Sains, serta Ilmu Sosial-Humaniora. Penjelasan materi yang gamblang disertai contoh-contoh aplikatif semakin membuat kegiatan LDMI menjadi seru karena antusias tanya-jawab dari para siswa.

Salah satu rangkaian acara LDMI 2021 adalah sharing oleh perwakilan siswa dari Tim Research Padmanaba yang telah beberapa kali memenangkan medali kejuaraan dalam kompetisi di bidang penelitian, yaitu Aretha Putri dan Masterino Wisam Wannawijaya. Mereka tidak hanya berbagi ilmu seputar tips dan trik melakukan penelitian di masa pandemi, tetapi juga berbagi semangat pada teman-temannya untuk mengharumkan nama SMA Negeri 3 Yogyakarta melalui kegiatan penelitian.

Harapannya, ilmu yang diperoleh dari kegiatan LDMI ini dapat langsung diterapkan dalam penyusunan karya ilmiah yang baik dan benar serta pengembangan penelitian oleh siswa. Karena LDMI merupakan salah satu bentuk investasi skill di masa depan, semoga para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Semangat Berkarya. Salam Padmanaba!

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?