SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 20 May 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
21 December 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Wujudkan MPK-OSIS Padmanaba yang Bersinergi

Tue, 21 December 2021 Dibaca 637x Berita

Latihan Dasar Kepemimpinan atau yang sering disingkat dengan LDK merupakan suatu kegiatan pelatihan kepemimpinan organisasi yang biasanya wajib diikuti oleh seluruh pengurus maupun anggota Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). LDK MPK-OSIS SMA Negeri 3 Yogyakarta masa bakti 2021/2022 telah terlaksana selama lima hari pada tanggal 23, 24, 26, 27, dan 28 November 2021 di lingkungan sekolah. Mengingat masih dalam keadaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, maka pelaksanaan kegiatan LDK diselenggarakan dengan hybrid system atau secara online dan offline.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 38 orang anggota MPK, 52 orang anggota OSIS, serta 10 orang tim pendamping. Selama pelaksanaan LDK didampingi oleh Bapak dan Ibu guru dari tim kesiswaan. Pada hari pertama dan kedua, kegiatan LDK diisi dengan materi yang berkaitan dengan kegiatan keorganisasian, penyesuaian program kerja MPK-OSIS dengan agenda persekolahan, serta sharing alumni mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinan. Para alumni yang pada hari biasanya memiliki kesibukan dengan pekerjaan masing-masing namun terlihat sangat antusias untuk berbagi pengalaman dan ilmu kepada adik-adik kelasnya, mulai dari strategi memilih event yang unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, cara menjadi pemimpin dan rekan yang baik dalam kerjasama tim, mengasah kemampuan public speaking untuk menjalin relasi dan koneksi, tips pengelolaan anggaran, sampai solusi-solusi alternatif penyelesaian masalah dalam organisasi.

Pada hari ketiga, pengurus harian dan koordinator divisi/bidang beserta seluruh anggotanya difasilitasi oleh tim pendamping untuk berdiskusi secara daring melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini bersifat fleksibel sehingga diatur oleh masing-masing divisi/bidang untuk menyusun draft program kerja yang akan didiskusikan lebih lanjut pada hari keempat. Pada hari keempat dan kelima, kegiatan LDK dilaksanakan secara luring dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Panitia penyelenggara kegiatan LDK dari tim kesiswaan mewajibkan peserta LDK membawa surat izin dari orang tua dan menunjukkan hasil tes kesehatan untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

Pada hari kelima adalah pelaksanaan Rapat Pleno MPK-OSIS Kabinet Cakra Sakti di ruang Bangsal Senam SMA Negeri 3 Yogyakarta. Rencana program kerja dari masing-masing bidang/divisi dipaparkan secara bergantian oleh koordinator dan perwakilan anggota. Presentasi dimulai dari pengurus harian MPK, kemudian divisi pengawas, kreatif, dan lapangan. Setelah itu dilanjutkan presentasi dari pengurus harian OSIS lalu dari bidang 1 sampai dengan bidang 10. Masing-masing divisi/bidang diberi kesempatan selama 15 menit untuk presentasi dengan maksud membatasi waktu agar kegiatan tidak berlangsung terlalu lama. Tujuan dipresentasikannya masing-masing program kerja adalah untuk mengetahui kegiatan-kegiatan MPK-OSIS yang akan dilaksanakan selama satu tahun masa bakti sekaligus untuk melihat matrik agenda kegiatan agar tidak saling berbenturan satu sama lain.

Selama pelaksanaan LDK, peserta mengikutinya dengan tertib. Sebagaimana program keunggulan SMA Negeri 3 Yogyakarta yaitu “School of Leadership”, para peserta LDK telah menunjukkan sikap dan jiwa calon pemimpin-pemimpin yang hebat di masa mendatang. MPK-OSIS saling bersinergi, menyusun program-program kerja yang kreatif dan inovatif, serta menemukan ide-ide baru untuk mengemas kegiatan yang tetap menarik dan selalu dinantikan oleh para penikmatnya meskipun saat ini masih terbatas dari segi ruang dan waktu. Kegiatan LDK telah berjalan dengan lancar sesuai tujuannya untuk membekali peserta memiliki kemampuan yang cakap dalam berorganisasi serta mencapai mufakat matrik program kerja MPK-OSIS Kabinet Cakra Sakti.

Padmanaba Jaya!

Kabinet Cakra Sakti Luar Biasa!

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Editor: Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
May 2024
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?