SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Senin, 03 Okt 2022
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
26 Juni 2016

Ide-Ide Mengisi Waktu Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Minggu, 26 Juni 2016 Kategori : Tak Berkategori

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan puasa, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Di Indonesia sering sekali menggunakan istilah ngabuburit, yaitu mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka puasa. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan rasa lapar dan dahaga, berikut ini ide-ide mengisi waktu ngabuburit di bulan suci Ramadhan.

  1. Tidur, banyak yang mengatakan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Tapi ingat jangan tidur berlebihan. Dengan tidur, kita dapat menjaga tenaga, tubuh akan segar ketika bangun. Tak hanya mengistirahatkan tubuh, tidur juga mengistirahatkan pikiran. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang.
  2. Nonton film, sembari menunggu waktu berbuka datang, nonton film selalu jadi kegiatan seru untuk dilakukan. Tak perlu keluar rumah, menonton film bisa dilakukan di rumah. Apalagi menonton film dengan genre kesukaan bersama teman atau keluarga.
  3. Baca buku atau tadarus Al-Quran. Membaca buku bisa menjadi salah satu pilihan untuk ngabuburit. Banyak pilihan buku yang bisa dibaca, misalnya novel. Selain itu, tadarus Al-Quran adalah pilihan kegiatan yang sudah pasti sangat bermanfaat. Kalau bisa, targetkan untuk menyelesaikan satu Al-Quran dalam satu bulan Ramadhan, bisa dengan cara one day one juz.
  4. Wisata Kuliner. Banyak pasar yang buka selama bulan Ramadhan. Mengunjungi pasar-pasar ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi ngabuburit. Selain jalan-jalan, kita bisa memilih dan membeli beraneka jajanan dan cemilan untuk berbuka puasa nanti. Kegiatan seru lainnya adalah membuat cemilan sendiri, dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada kita dapat membuat cemilan yang lebih sehat.
  5. Olahraga. Jangan takut untuk berolahraga di bulan puasa. Berolahraga saat puasa memiliki banyak manfaat. Cukup lakukan olahraga yang ringan saat mendekati waktu berbuka puasa, kira-kira cukup luangkan waktu selama 20 sampai 30 menit.

Selain kelima kegiatan di atas, masih banyak pilihan untuk mengisi waktu ngabuburit di bulan suci Ramadhan ini.

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Facebook Comments Box

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Berikut ini kami sampaikan Pengumuman Resmi tentang..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Berikut ini secara resmi kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri..

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?