SEKILAS INFO
: - Kamis, 05-08-2021
  • 2 bulan yang lalu / Wisuda Purna Siswa Tahun 2021 rencananya akan dilaksanakan dengan sistem hybrid events atau secara offline dan online sekaligus pada hari Sabtu, 22 Mei 2021.
  • 2 bulan yang lalu / Penerimaan LHB Semester genap pada tanggal 25 Juni 2021
  • 2 bulan yang lalu / Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan pada tanggal 7-16 Juni 2021

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan puasa, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Di Indonesia sering sekali menggunakan istilah ngabuburit, yaitu mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka puasa. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengalihkan rasa lapar dan dahaga, berikut ini ide-ide mengisi waktu ngabuburit di bulan suci Ramadhan.

  1. Tidur, banyak yang mengatakan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Tapi ingat jangan tidur berlebihan. Dengan tidur, kita dapat menjaga tenaga, tubuh akan segar ketika bangun. Tak hanya mengistirahatkan tubuh, tidur juga mengistirahatkan pikiran. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang.
  2. Nonton film, sembari menunggu waktu berbuka datang, nonton film selalu jadi kegiatan seru untuk dilakukan. Tak perlu keluar rumah, menonton film bisa dilakukan di rumah. Apalagi menonton film dengan genre kesukaan bersama teman atau keluarga.
  3. Baca buku atau tadarus Al-Quran. Membaca buku bisa menjadi salah satu pilihan untuk ngabuburit. Banyak pilihan buku yang bisa dibaca, misalnya novel. Selain itu, tadarus Al-Quran adalah pilihan kegiatan yang sudah pasti sangat bermanfaat. Kalau bisa, targetkan untuk menyelesaikan satu Al-Quran dalam satu bulan Ramadhan, bisa dengan cara one day one juz.
  4. Wisata Kuliner. Banyak pasar yang buka selama bulan Ramadhan. Mengunjungi pasar-pasar ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi ngabuburit. Selain jalan-jalan, kita bisa memilih dan membeli beraneka jajanan dan cemilan untuk berbuka puasa nanti. Kegiatan seru lainnya adalah membuat cemilan sendiri, dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada kita dapat membuat cemilan yang lebih sehat.
  5. Olahraga. Jangan takut untuk berolahraga di bulan puasa. Berolahraga saat puasa memiliki banyak manfaat. Cukup lakukan olahraga yang ringan saat mendekati waktu berbuka puasa, kira-kira cukup luangkan waktu selama 20 sampai 30 menit.

Selain kelima kegiatan di atas, masih banyak pilihan untuk mengisi waktu ngabuburit di bulan suci Ramadhan ini.

 

Penulis: Amalia Ramadhani

Facebook Comments Box

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020

PENGUMUMAN DAFTAR ULANG DARING PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

PENGUMUMAN PPDB JALUR INKLUSI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN 2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?