SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Saturday, 20 Apr 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
25 January 2017

Bahaya Jajan Sembarangan

Wed, 25 January 2017 Dibaca 904x Tak Berkategori

Zaman sekarang bentuk, warna, dan variasi makanan serta minuman semakin beraneka ragam. Hal tersebut mendorong orang orang untuk jajan, khususnya anak anak tanpa melihat dari sisi kesehatan maupun dampak yang akan ditimbulkan. Efek dampak buruk dari jajan sembarangan adalah menjadi sakit karena kandungan jajanan makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa resiko atau dampak negatif yang diakibatkan dari jajan di sembarang tempat.
Gangguan pencernaan
Tak hanya pemalsuan barang barang saja, zaman sekarang juga marak pemalsuan makanan dan minuman. Makanan dan minuman tersebut dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti aslinya. Makanan dan minuman palsu sangat dianjurkan untuk menghindarinya karena makanan dan mimuman tersebut dibuat dengan bahan kualitas rendah, jauh di bawah standar bahan makanan atau minuman asli. Apabila makanan dan minuman palsu tersebut dikonsumsi dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti peradangan usus maupun infeksi.
Tidak bersih atau tidak higienis
Makanan yang dijual umum mempunyai standar kriteria kebersihan atau kehigienisan, agar makanan tersebut layak untuk dikonsumsi dan tidak mengandung bibit penyakit. Namun, masih banyak pedagang di Indonesia yang mengesampingkan kebersihan atau kehigienisan makanan yang mereka jual, contohnya pedangang yang berjualan di pinggir jalan. Apabila kriteria tersebut tidak diindahkan dapat mengakibatkan sakit perut atau bahkan terkena diare.
Keracunan makanan
Makanan atau minuman yang dijual di sembarang tempat biasanya memiliki nilai harga jual yang lebih murah, salah satu faktornya adalah bahan baku yang digunakan kualitasnya lebih rendah. Namun, bahan berkualitas rendah belum tentu berbahaya untuk dikonsumsi. Jika Anda kurang teliti, bisa jadi makanan yang dikonsumsi sudah habis masa layak makannya atau sudah kadaluarsa. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya keracunan makanan, yang memiliki tanda awal sakit kepala, mual, dan muntah.
Ketiga hal di atas merupakan beberapa resiko atau dampak negatif yang timbul akibat jajan di sembarang tempat. Kita seharusnya menjadi lebih waspada terhadap makanan maupun minuman yang dijual bebas di lingkungan kita, agar tubuh terhindar dari penyakit dan tetap sehat.
Penulis: Amalia Ramadhani

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?