Info SMA N 3 Yogyakarta
Senin, 25 Okt 2021
  • Selamat datang di website resmi SMA N 3 "Padmanaba" Yogyakarta School of Leadership

TRIAL UJIAN ONLINE PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR TAHUN

SMA Negeri 3 Yogyakarta akan mengadakan evaluasi dalam bentuk Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk siswa kelas X dan XI di akhir tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan PAT kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam kondisi tanggap darurat bencana pandemi Covid-19. Pelaksanaan PAT rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4-15 Juni 2020 dan diikuti oleh 474 siswa yang terdiri dari 251 siswa kelas X dan 223 siswa kelas XI.

Pelaksanaan PAT online tentunya memerlukan beberapa persiapan, di antaranya uji kekuatan jaringan selama ujian berlangsung karena PAT harus dilaksanakan secara full online menggunakan perangkat pribadi di rumah masing-masing. Dalam rangka persiapan PAT online, panitia menyelenggarakan trial ujian yang terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama telah dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Mei 2020 pukul 09.00 WIB berupa pengerjaan soal tes IQ dan pengisian data survey dalam durasi waktu 60 menit. Sementara trial ujian tahap kedua direncanakan akan dilaksanakan pada hari Selasa mendatang.

Trial ujian yang dilaksanakan pada hari Jumat lalu telah berjalan dengan lancar dan mendapat banyak dukungan, khususnya dari para orang tua atau wali siswa, karena bisa memantau langsung dari rumah. Meskipun SMA Negeri 3 Yogyakarta belum pernah mengadakan PAT yang harus full online dari rumah masing-masing, namun pada kenyataannya tidak ditemukan banyak kendala. Para siswa cukup mengakses alamat link yang sudah disiapkan oleh sekolah yaitu https://sma3jogja.sch.id/ujian/ dan bisa diakses dari manapun dengan menggunakan smarthphone, laptop atau komputer .

Pelaksanaan PAT online ini sangat membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Panitia PAT SMA Negeri 3 Yogyakarta telah menunjuk para helpdesk dan proktor untuk membantu atau melayani siswa serta memantau jalannya ujian melalui aplikasi telegram. Tim helpdesk dan proktor saling bekerja sama menangani permasalahan yang ditemui para siswa. Bapak/Ibu guru dan wali kelas turut mengingatkan para siswa agar melaksanakan ujian online dengan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas dan budaya jujur.

Semoga pelaksanaan PAT Semester Genap TA 2019/2020 nanti diberi kemudahan dan kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Esa dan seluruh peserta didik dapat memperoleh hasil yang memuaskan sebagai bekal kenaikan kelas.

Facebook Comments Box
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?