SEKILAS INFO
: - Senin, 28-09-2020
  • 3 minggu yang lalu / Stadium Generale tanggal 18 September 2020
  • 3 minggu yang lalu / Pekan Peringatan Hari Padmanaba tanggal 19 September 2020
  • 3 minggu yang lalu / Penilaian Akhir Semester Gasal tanggal 30 Nopember – 9 Desember 2020
Share artikel ini di media sosial kamu

Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan proses akhir mengukur ketercapaian hasil belajar siswa sebagai salah satu bahan pertimbangan kenaikan kelas. Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 3 Yogyakarta telah berlangsung selama dua hari dan akan berlanjut hingga 12 Juni 2020 mendatang. PAT online memerlukan pengawas – dalam hal ini orang tua atau wali siswa – untuk memantau secara langsung pelaksanaan ujian di rumah masing-masing. Keterlibatan orang tua atau wali siswa dalam pengawasan ini terutama ditujukan untuk komunikasi intensif wali kelas pada orang tua atau wali siswa dan upaya mengutamakan integritas dalam pelaksanaan PAT online.

Pendampingan orang tua ketika pelaksanaan PAT online di rumah bisa jadi tidak sama dengan pendampingan guru pengawas ketika ujian di sekolah. Orang tua di rumah memiliki peran dalam mendampingi siswa belajar di luar sekolah termasuk mendampingi siswa melaksanakan penilaian atau ujian. Setiap orang tua tentu menginginkan hasil yang baik dari ujian anaknya, sehingga orang tua akan melakukan berbagai cara untuk mengupayakan hasil ujian terbaik bagi anaknya. Mengingat latar belakang keluarga yang berbeda-beda, tentu saja cara yang dilakukan juga sangat beragam. Namun semuanya memiliki kesamaan yaitu melakukan dengan cara yang jujur. Kepedulian yang besar dari orang tua dalam mendampingi siswa akan memengaruhi hasil prestasi belajarnya.

Komunikasi intensif antara orang tua dan wali kelas dioptimalkan melalui grup Whats App. Komunikasi ini meliputi informasi kegiatan persekolahan, pantauan perkembangan belajar siswa, pantauan efektivitas pelaksanaan PAT online dan problematikanya, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perkembangan kemampuan akademik dan kepribadian siswa. Orang tua dan wali kelas saling bekerja sama mengingatkan dan lebih menekankan pada siswa tentang kejujuran dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Sementara itu, demi menjaga integritas PAT online, SMA Negeri 3 Yogyakarta melalui Panitia PAT menerbitkan Pakta Integritas dalam format google formulir yang berisi kejujuran, kesiapan, dan kesediaan orang tua sebagai pengawas ujian di rumah. Pakta Integritas diisi setiap hari dengan mengunggah foto ketika siswa mengerjakan soal ujian sebagai laporan pelaksanaan pendampingan dan pengawasan PAT online. Dengan PAT online ini, siswa dituntut untuk mengerjakan ujian dengan jujur dan orang tua dituntut untuk mendampingi dan memantau siswa mengerjakan ujian di rumah masing-masing.

Permasalahan teknis yang ditemui antara lain gagal login dan kendala jaringan. Namun cukup di-reload atau di-refresh saja kemudian aplikasi Computer Based Test (CBT) akan kembali lancar. Harapannya, PAT online dapat terlaksana dengan tetap mengutamakan integritas dan mendapatkan hasil terbaik.

Facebook Comments
Previous postTRIAL UJIAN ONLINE PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR TAHUN

Pengumuman

Rembug Padmanaba – “The Economy Vs Coronavirus”

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021

Kategori

Maps Sekolah

Data Sekolah

SMA Negeri 3 Yogyakarta

NPSN : 20403178

Jl. Yos Sudarso, No. 7, Kotabaru, Yogyakarta
KEC. Gondokusuman
KAB. Kota Yogyakarta
PROV. Daerah Istimewa Yogyakarta
KODE POS 55224
TELEPON 0274 - 512856
FAX 0274 - 556443
EMAIL info@sman3-yog.sch.id
Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?