SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 23 Feb 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership

Awardee Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3

Pada 24 Desember 2022, 3 siswa kelas 11 dari Padmanaba 79, Radhya Cahya Kusuma (XI IPA 6), Rai Kana Abhimatta (XI IPA 4) dan Vania Halyadevi (XI IPA 6), mendapat pengumuman bahwa lolos seleksi Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri. Setelah melalui tahap seleksi administrasi, wawancara, dan tes substansi, ketiga siswa tersebut sekarang dalam proses mengikuti berbagai rangkaian dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mulai Januari 2023 hingga awal 2024.

Pada bulan Januari-Februari, ketiga siswa telah mengikuti serangkaian webinar tentang universitas luar negeri yang dapat menjadi tujuan studi mereka. Beasiswa Indonesia Maju sendiri telah mengkurasi 105 universitas terbaik dari seluruh dunia yang ditetapkan sebagai tujuan studi peserta didik penerima BIM.

Selama satu tahun kedepan, program persiapan yang akan ditempuh oleh Radhya, Kana, dan Vania meliputi bimbingan persiapan tes SAT/ACT dan IELTS, college counseling, proyek sosial, dan summer program di universitas luar maupun dalam negeri. Beasiswa persiapan ini juga akan membiayai biaya pendaftaran hingga 8 pilihan universitas luar negeri. Harapannya setelah berhasil memperoleh Letter of Acceptance dari perguruan tinggi luar negeri, para peserta didik berkesempatan mendapatkan beasiswa S1 penuh dari pemerintah untuk universitas pilihannya.

Seleksi program persiapan dari BIM sendiri tidak mudah, dimana salah satu persyaratannya adalah memiliki prestasi akademik maupun non-akademik pada jenjang nasional dan/atau internasional yang meliputi empat bidang yaitu sains, riset, dan teknologi informasi; bidang seni, budaya, dan bahasa; bidang olahraga dan kesehatan jasmani; serta bidang vokasi dan kewirausahaan. Radhya, Kana, dan Vania sebelumnya telah memperoleh prestasi di bidang masing-masing dalam kompetisi olimpiade, penelitian, bahasa, dan kesenian baik yang diselenggarakan oleh Puspresnas maupun di luarnya. Selain seleksi prestasi, para pendaftar juga harus memiliki riwayat akademik dan substansi yang baik, serta memiliki motivasi yang kuat untuk memperoleh ilmu dan berkontribusi kepada Indonesia di masa depan.

Para penerima Beasiswa Indonesia Maju ini diharapkan dapat menjadi penggerak pada generasi emas 2045 Indonesia dalam berbagai bidang. Radhya, Kana, dan Vania berharap dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya, dan berharap bahwa kedepannya adik kelasnya di Padmanaba bisa berkesempatan untuk mendapat beasiswa ini juga.

 

 

Facebook Comments Box

Pengumuman Lain

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
February 2024
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?