Info SMA N 3 Yogyakarta
Sabtu, 23 Okt 2021
  • Selamat datang di website resmi SMA N 3 "Padmanaba" Yogyakarta School of Leadership

Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Siswa di SMAN 3 Yogyakarta

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pada hari Rabu, 21 Juli 2021, pada pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB telah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di SMAN 3 Yogyakarta. Pelaksanaan vaksinasi untuk siswa ini diselenggarakan oleh SMAN 3 Yogyakarta bekerja sama dengan RS DKT dr. Soetarto Yogyakarta. Vaksin Covid-19 yang diberikan adalah vaksin Sinovac. Adapun prosedur pemberian vaksin tetap berlangsung dengan protokol kesehatan, sistem pembagian ruangan, dan alur pelayanan yang sesuai.

Alur pelaksanaan vaksinasi dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu cek suhu awal sebelum siswa memasuki ruang tunggu, siswa mengambil nomor antrean dan mengisi formulir, pemeriksaan dan registrasi data siswa dengan menunjukkan identitas diri (KTP/KK), skrining awal untuk mengetahui riwayat kesehatan siswa calon penerima vaksin, pengukuran tekanan darah dan suntik vaksin bagi siswa yang telah lolos skrining, serta observasi selama 30 menit untuk memantau kemungkinan terjadinya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) pada siswa.

Vaksinasi dosis pertama ini diikuti oleh 387 siswa yang terdiri dari siswa kelas X sebanyak 165 orang, siswa kelas XI sebanyak 82 orang, dan siswa kelas XII sebanyak 116 orang. Ada juga peserta tambahan berjumlah 28 orang, sehingga jumlah pemberian vaksin seluruhnya adalah 415. Beberapa siswa yang tidak mengikuti vaksinasi di SMAN 3 Yogyakarta dikarenakan telah mengikuti program vaksinasi di tempat lain, sedang dalam masa isolasi mandiri, atau belum memenuhi masa tunggu 90 hari setelah dinyatakan positif. Vaksinasi dosis kedua akan diselenggarakan setelah 28 hari pemberian vaksin dosis pertama yang direncanakan pada tanggal 18 Agustus 2021 mendatang.

Setelah pemberian vaksin Covid-19, bukan berarti kita dapat bersikap longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Siswa yang telah menerima vaksin tetap harus memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Semoga dengan upaya sehat bersama melalui program vaksinasi ini dapat mempercepat terputusnya rantai penyebaran virus corona dan pandemi segera berakhir.

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Open chat
Kontak Padmin lewat WhatsApp ?