SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Monday, 30 Jan 2023
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership

PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCIPTAKAN TEKS ANEKDOT

Thursday, 8 December 2022 Oleh : Tejo Jati Hapsoro

Oleh Restituta Devi Pramesti

(Praktik baik yang pernah dituliskan dalam Best Practice)

 

Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan mudah diciptakan dengan mengikuti ‘apa yang disukai peserta didik’. Namun, apakah pembelajaran dilaksanakan hanya untuk menarik dan menyenangkan? Tentu saja tujuan utamanya bukan demikian. Hal utama yang ingin dicapai pada sajian kompetensi  yaitu menciptakan pembelajaran bermakna dengan strategi yang menarik dan menyenangkan. Menarik bagi guru belum tentu menarik untuk peserta didik. Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan pembelajaran, guru perlu melakukan observasi terhadap keberagaman latar belakang keluarga, gaya belajar, dan lingkungan belajar.

Dalam praktik ini, saya sebagai guru melakukan observasi terhadap peserta didik saya. Hal-hal yang saya temui sebagai berikut.

  1. Guru menggunakan aplikasi pembelajaran yang berganti-ganti namun tidak efektif dan efisien digunakan.
  2. Guru menganggap bahwa media pembelajaran yang disajikan sangat menarik dan akan memotivasi peserta didik tanpa melakukan observasi sebelumnya. Pada kenyataannya, seringkali peserta didik menganggap media yang diberikan oleh guru kurang sesuai dengan zaman ini.
  3. Media pembelajaran yang disajikan guru belum disiapkan serta dilaksanakan dengan strategi yang tepat sehingga hasil yang dicapai kurang maksimal.

Latar belakang yang dikemukakan di atas mendasari penentuan media pembelajaran yang sesuai guna menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran dengan langkah awal melakukan observasi. Dalam pembelajaran materi menciptakan teks Anekdot, saya memanfaatkan media sosial Instagram untuk menyajikan teks, mengunggah hasil karya siswa, serta melaksanakan refleksi pembelajaran. Instagram merupakan platform yang saat ini digemari oleh peserta didik, bahkan setiap peserta didik di instansi saya memiliki Instagram. Survei yang telah dilakukan pun menunjukkan bahwa Instagram merupakan media yang paling sering digunakan dalam pencarian maupun membagikan informasi.

Dari sebuah kalimat motivasi “Gagal bukan berarti selesai, tetapi menyerah berarti usai.”, saya meyakini ada makna tersirat dan pesan yang disampaikan agar kita selalu berupaya untuk menjadi lebih baik bahkan dari sebuah kegagalan. Saya percaya bahwa kendala pada setiap proses yang dijalani akan menjadi tantangan agar kita senantiasa melakukan inovasi secara berkelanjutan sebagai bentuk penyempurnaan. Inovasi yang dilakukan tidak lepas dari kendala, diantaranya

  1. Banyaknya tugas tambahan yang dibebankan kepada guru memberikan kendala khususnya dalam membagi waktu, tenaga, dan pikiran. Hal ini menyebabkan kurangnya waktu yang dimiliki guru untuk merancang pembelajaran yang atraktif dan melakukan refleksi guna perbaikan pembelajaran selanjutnya.
  2. Guru belum melakukan observasi secara intensif terhadap kebutuhan belajar peserta didik terkait media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik belajar dan perkembangan zaman.
  3. Pemilihan media sosial Instagram sebagai salah satu media pendukung pembelajaran memerlukan strategi yang tepat agar dapat digunakan dengan maksimal. Dalam hal ini guru perlu melakukan persiapan yang matang dan pemantauan yang intensif terhadap aktivitas media tersebut.

Dalam menghadapi berbagai kendala seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, guru perlu memiliki integritas dan komitmen untuk terus melakukan inovasi pembelajaran. Adapun hal-hal yang telah saya lakukan sebagai wujud integritas dan komitmen saya dalam melakukan inovasi pembelajaran sebagai berikut:

  1. Melakukan observasi yang mendalam terhadap karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik;
  2. Melakukan survei terhadap berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan minat peserta didik;
  3. Menguji kebermanfaatan media pembelajaran yang dipilih;
  4. Mempersiapkan penggunaan media pembelajaran berupa Instagram agar efektif dan efisien. Misalnya memberikan rambu-rambu kepada peserta didik dalam menggunakan Instagram (membimbing dan mengoreksi konten yang akan diunggah peserta didik baik dari isi, desain, maupun etika jurnalistik, menentukan tagar, menentukan jadwal mengunggah);
  5. Memantau aktivitas Instagram pembelajaran secara intensif;
  6. Melakukan evaluasi terhadap penggunaan media pembelajaran Instagram.

Inovasi pembelajaran yang telah dilakukan pada praktik ini memberikan dampak positif dan hasil yang efektif. Hal ini terbukti dari refleksi pembelajaran yang telah disampaikan oleh peserta didik melalui instagram dan peningkatan nilai praktik yang ditunjukkan melalui kemampuan peserta didik menciptakan teks Anekdot. Peserta didik menyampaikan bahwa pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, amazing, serta antusias ingin melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia kembali. Adapun hal-hal yang didapatkan dalam praktik baik ini sebagai berikut.

  1. Peningkatan keterampilan menciptakan teks Anekdot.
  2. Pembelajaran bermakna menjadi lebih menyenangkan karena peserta didik antusias menggunakan media yang mudah digunakan serta sesuai dengan minat dan perkembangan zaman.
  3. Peserta didik tertarik terhadap pembelajaran karena belajar Bahasa Indonesia sekaligus belajar etika jurnalistik.
  4. Timbul konsistensi dalam diri guru untuk terus melakukan inovasi pembelajaran.

Berdasarkan hasil uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang atraktif akan memberikan kebermaknaan jika dilakukan dengan tepat. Kemampuan profesional hendaknya diimbangi dengan pedagogi yang kuat sehingga integritas, konsistensi, dan komitmen akan tumbuh dalam jiwa seorang guru. Sebagai seorang pembelajar sepanjang hayat, pantang menyerah merupakan modal utama yang harus diteguhkan dalam menghadapi berbagai tantangan. Sadar bahwa kita menjadi bagian penting sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan bukanlah tuntutan, namun sebuah amalan untuk keberlangsungan bangsa.

Facebook Comments Box

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 3 Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS X SMAN 3 YOGYAKARTA TA. 2021/2020
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua. Berikut ini kami sampaikan Pengumuman Resmi tentang..
Diterbitkan :
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Berikut ini secara resmi kami sampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri..

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?